Inkscape

By Ricky Hermawan Go - Sunday, January 10, 2016



Halo Good People...!

Hari ini kita akan mencoba aplikasi desain vektor open source. Jika anda adalah orang yang mencoba pindah dari CorelDraw atau Adobe Illustrator karena anda ingin aplikasi yang legal, dan gratis, maka Inkscape bisa jadi solusinya.

Saya sendiri sudah mencoba. Awalnya memang agak sulit untuk beradaptasi karena masih susah move on dari beberapa perintah dan kebiasaan menggunakan tombol shortcut pada CorelDraw. Memang saya akui, jika dibandingkan dengan CorelDraw, Inkscape lebih sedikit tutorialnya di Youtube, agak susah untuk beradaptasi menggunakannya, dan beberapa tampilannya kurang aye cathing, terutama pada bentuk dan warna iconnya.

Tapi dengan semangat untuk move on untuk menggunakan software secara legal, tentunya itu bukan masalah. Yang penting untuk menggunakan aplikasi ini, anda sama sekali tidak dipungut biaya apapun. Lagi pula gak asik kan, semisal anda menggunakan Linux yang open source, tapi masih berharap pakai Corel, atau semisal anda sudah memakai Windows yang anda beli secara legal tapi aplikasi desainnya menggunakan Corel bajakan? 

Nah, sekarang kita bahas, cara instalnya. Jika anda menggunakan Linux anda bisa menggunakan cara ini :

  1. Buka terminal (ctrl+alt+T).
  2. Ketik perintah ini "sudo apt-get install inkscape". (atau copy paste ke terminal anda).
  3. Tekan "enter".
  4. Masukan "password" akun akun linux anda.
  5. Tekan "enter".

Contoh : seperti dibawah ini

Jika anda adalah pengguna Windows, anda bisa langsung download di websitenya, klik link berikut ini "Inkscape".

Berikut ini adalah tampilan interface Inkscape, cukup minimalis, keren dan mengadopsi flat design yang lagi ngerten saat ini.

Tampilan Inkscape


Semoga Inkscape ini bisa jadi solusi anda dalam membuat desain vektor sebagai pengganti Corel atau Illustrator. Jika ada kesulitan dalam beradaptasi, anda bisa mencari tutorial di YouTube atau Google. Sekian dulu postingan saya.

Terus berfikir positif dan tetap semangat! :)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Sebelum komentar, klik "Notify Me" untuk mengetahui komentar anda telah dibalas oleh saya atau pembaca blog saya.