Sosok Muda Berkarya, Dengan Daur Ulang Sampah

By Ricky Hermawan Go - Saturday, March 08, 2014

Kata Angga, ini foto dia masih SD!



Balik lagi...!
Buat yang sering baca Blog ini, sabar dulu, kali ini postingan bukan tentang "Proyek Dodo" loh.
Tapi tenang! Post kali tetep oke! Dijamin!
Karna anda belum tentu bisa lakuin hal dibawah ini... -_-

Lihat... Lihat... Lihat...!




Sudah baca keterangannya?
Yup! Ini bukan sembarang baju. Ini adalah contoh baju yang didaur ulang dari sampah bekas.
Apa pentingnya buat aku?
Kenapa mikir gitu sih? -_-
Ini bukan tentang apa manfaatnya buat kamu doank.
Tapi buat lingkungan!
Kebayang, berapa jumlah sampah yang dibuang manusia setiap harinya?
Bayangin kalo sampah itu gak bisa dihancurkan dalam haktu yang singkat, dan terus menumpuk?
Kumuh... (Betul sekali, tempat tinggal kalian gak ada bedanya dengan sarang tikus.)

Inilah yang melatar belakangi seorang cowok yang mendesain baju tersebut. Daur ulang sampah!
Yaitu memanfaatkan kembali sampah, atau barang-barang yang sudah dibuang manusia lainnya, dan membuatnya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis, dan menarik.
Siapa sangka sampah-sampah yang tadinya dianggap tidak berguna, bisa disulap dipakai kembali.

Jujur, pertama liat foto diatas, saya enggak percaya... 
Kirain editan photoshop. -_- *if you know what i mean.
Dan ternyata, setelah dilihat lebih seksama... -_- *saya malu, ternyata itu beneran.

Sungguh karya yang hebat! Bukan karna awal liat.
Tapi karna setelah tau kalo desainernya itu anak laki-laki. Ya, dia cowok! Anak SMK!
Salut...
Mungkin kalo yang desain itu cewek, itu wajar.
Kalo yang bikin itu cowok berumur diatas 30 tahun gitu udah biasa.
Tapi pemilik nama lengkap Angga Adinata saya anggap luar biasa!
Angga yang saat saya konfirmasi, ternyata adalah murid dari SMKN 1 GLAGAH - BANYUWANGI
Banyaknya anak ABG yang kerjaanya cuma keluyuran, jalan-jalan gak jelas, kadang suka bolos pas pelajaran sekolah, balap liar kalo malem, dan kerjaannya ngabisin uang orang tua, membuat saya miris.
Tapi setelah melihat karya Angga ini, saya serasa mau bilang, "Ini nih! Harusnya ABG jaman sekarang itu kaya gini! Harus kreatif, inspiratif, positif dan gak kalah inisiatif!".

Kenapa nunggu tua untuk berkarya?
Kenapa nunggu tua baru mewujudkan cita-cita?
Dan kenapa enggak mulai muda aja mengukir prestasi?

Bagi saya Angga adalah salah satu anak muda Banyuwangi yang patut diacungi jempol untuk karyanya.
Bukan hanya karya, ini juga termasuk penilaian imajinasi dan kreatifitas.
Semoga dengan post yang saya tulis ini, ada sambutan yang baik untuk angga, dan juga mendapat dukungan penuh dari pihak sekolahnya untuk pengembangan dalam mewujudkan ide-ide berikutnya, dan secara lebih tinggi lagi, kepada PEMKAB Banyuwangi harapannya bisa memberdayakan pendidikan non akademis seperti ini, agak bakat-bakat remajanya tersalurkan. Karna apabila ini difasilitasi dan diberdayakan, Kabupaten Banyuwangi juga yang akan menuai hasilnya kelak. Ingat "Masa depan Banyuwangi, ada ditangan anak muda masa kini". ^_^

Semoga ini bisa menjadi contoh positif yang akan diteladani oleh ABG lain.
Khususnya pembaca blog saya!
Tetaplah berfikir positif, dan tetap semangat! ^_^



*sebagai penutup, beberapa koleksi dari Angga yang bisa anda ambil hal positifnya :


Desain Awal Baju

Baju Jadi - Bahan dari Kertas Sak Semen

Desain Awal Baju

 Baju Jadi - Bahan dari Karung Goni

Desain Awal Baju

Baju dengan bahan dari Kertas Sak Semen

Angga dengan salah satu koleksi baju dan modelnya (entah, ini foto dia umur berapa?)

 
Dan ini karya Angga yang tampil pada event BEC (Banyuwangi Ethno Carnival) 
*saya nyaris gak percaya ini desain anak seumuran Angga, tapi ini nyata. Keren!

Tampak dekat.


Dia cerita saya hari ini :

Angga Adinata - SMK 1 Glagah - Banyuwangi

  • Share:

You Might Also Like

3 comments

  1. Good.... sangat kreatif.. :D
    Bisa disewa ga..?? untuk mesta kostum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa sangat bisa sekali...!
      Yang bikin pasti bangga, karyanya digunakan orang lain!
      Nah, untuk lebih jelasnya, bisa kontak langsung dengan Angga.
      Silahkan klik nama Angga Adinata yang bercetak tebal, nanti langsung terhubung dengan akun facebook asli Angga.

      Silahkan dicoba mbak Vita Loka. :)

      Delete

Sebelum komentar, klik "Notify Me" untuk mengetahui komentar anda telah dibalas oleh saya atau pembaca blog saya.