Ayo cintai kebudayaan kita...! (CFD 2012) ^_^

By Ricky Hermawan Go - Sunday, December 30, 2012




"Dimana Bumi Dipijak, Disitu Langit Dijunjung!"


Pernah denger "Pepatah" diatas...?
Kalo belom pernah, "Dulu kamu di SD diajarin apa aja....". T_T
Kasian...kasian...kasian...

Selamat buat yang sudah pernah denger, karna kamu memang bener-bener orang JADUL (Jaman Dulu). Ya gak apa-apa donk dipanggil "JADUL", selama konteksnya bener. ^_^
Jadul, bukan berarti GAPTEK (Gagap Teknologi). Kelebihan orang JADUL itu, lebih banyak mengerti sejarah. Sedangkan orang jaman sekarang, kebanyakan udah gak peduli sama sejarah... -_-
Aku sendiri sih santai aja kalo dipanggil JADUL...selama aku selalu belajar dari sejarah dan bisa menghargai budaya dimasa lalu. JADUL? Siapa takut...? ^_^

Tadi pagi aku ikutan acara CFD (Car Free Day).
Wiih... Acaranya lebih seru dan lebih rame dari biasanya...!!
Soalnya ada liputan khusus selama 4 hari di Banyuwangi, oleh stasiun TV swasta nasional, yaitu SCTV. ^_^
Nah, kebetulan hari liputannya adalah kegiatan Car Free Day yang diadakan rutin setiap hari minggu pagi. Dan biasanya juga, aku tu paling susah bangun pagi, kadang bangun, sholat shubuh, terus molor lagi deh... ;p

Terus.........!!!
Yang bikin CFD pagi ini special adalah adanya beberapa peserta BEC 2012 (Banyuwangi Ethno Carnival) dan Jibeng Tulik (Semacam Putra dan Putri Daerah gitu).
Nah, ada juga beberapa kegiatan lainnya dipagi tadi, senam pagi bersama-sama, dan lain-lain, aku kurang tau, soalnya datangnya telat.... ;p

Pertama datang ke area CFD dan paling buat aku berkesan, adalah waktu liat permainan "Sodoran".
Itu permainan aku waktu masih SD dulu... T_T *jadi inget sama kota kelahiranku di kalimantan.
Hik..hik..hik... Serasa mau menetes air mata ini. *tapi aku tahan, gila aja nangis ditempat kaya pasar gitu!
Pengen ikut...! Tapi kalo dipikir-pikir habis itu bakal keringetan, jadi males. Hehe...
Soalnya ntar kalo bau keringet, gak bisa foto bareng deh...! *oh, tidak!

"Sodoran" itu, peraturan mainnya, dibagi dua tim, yang jaga wilayah yang dipetak-petak (seperti kolom, biasanya ada 6 kolom), dan tim penerobos wilayah yang dijaga tadi. Tim penerobos, harus bisa menerobos masuk dari wilayah paling depan sampai wilayah paling belakang, lalu kembali ke depan lagi. Tapi kalau tim penerobos barhasil disentuh oleh tim penjaga, maka kedua tim akan saling bertukar giliran. Nah, pemenangnya akan ditentukan dari jumlah orang yang berhasil menerobos bolak-balik wilayah pertahanan, sesuai ronde yang sudah disepakati, bisa 2,4, dan seterusnya. Kira-kira gambarannya seperti dibawah ini : 


Udah lepas sendal, mau ikutan. Tapi takut keringetan... -_-

Oke.. Kita mulai masuk acara kerennya! ^_^



Mobil untuk pengambilan gambar dari atas Tim SCTV.

 
"Bang... Saya mau ikut naek diatas juga Bang... T_T

Buset dah... Rame banget! Kaya sarang semut!

Kalo yang dibawah ini peserta BEC ^_^



"Mbak.. Itunya kok gede banget...?"

 
Mas-nya girl face... ^_^

Kayanya diantara peserta yang lain, mbak ini terlihat lebih normal. Hehe...


Tuh kan...! Keren...! ^_^

Mobil Tim SCTV (tampak depan)

 Mobil Tim SCTV (tampak samping, eh, agak belakang dikit...)

Ini presenter SCTV (cowok)

Ini presenter SCTV (cewek)

Ini bukan presenter SCTV (meragukan... -_-)

*catatan = sebenernya aku pengen banget foto bareng sama kedua presenter itu, sapa tau laen kali aku bakal diwawancarai juga sama mereka kalo aku sudah jadi penulis terkenal entar...!

Liat mereka... Wajah ceria itu... Senyum itu... "Mereka gembira ^_^"

Ini nih yang paling aku suka...! Serame apapun acaranya... Tetaplah membaca! ^_^



*Catatan = Siapa tau entar kalian nemu buku aku dimobil ini kalo sudah terbit...! Amin!


Rame banget...! ^_^

 "Pak.. Liat kesini pak... Kameranya disini...!"

"Asek.... ^_^"

Well Done! ^_^



Okey... udah cukup kan foto-fotonya...?
Nah... Seperti biasanya nih... Kesimpulan...!

Kesimpulan : 

"Siapapun kalian, siapapun kita, wajib bangga dan menghargai, serta melestarikan kebudayaan daerah kita. Tapi ingat, perbedaan bukanlah pembeda. Melainkan merupakan alasan kita disebut bangsa yang kaya! Jika tidak ada yang bisa kau lakukan untuk budayamu, setidaknya berpartisilah pada acara yang diadakan oleh orang lain..."

*Catatan = Aku sendiri lahir dikalimantan, dan itu artinya aku salah satu putra daerah kalimantan. Sekarang aku tinggal dan menetap dibanyuwangi, aku jadi suka dan menghargai kebudayaan disini. Tapi aku masih mencintai kebudayaan daerah asalku, dan aku selalu merindukannya...! ^_^

Sekali lagi aku ucapkan terima kasih buat teman-teman yang sudah mampir lagi ke blog aku ini, melihat, membaca, dan berbagi... Kalian adalah "penyemangat"-ku dalam menulis. 
See you soon in the next post! ^_^

Dibuang sayang... ^_^


Hehehe... Pengen ya... ^_^

Hehehe... Pengen ya... ^_^

Hehehe... Pengen ya... ^_^

Hehehe... Pengen ya... ^_^



  • Share:

You Might Also Like

0 comments