Salah obat, malah tambah sekarat...!

By Ricky Hermawan Go - Wednesday, October 10, 2012




Uhuk...uhuk...
Uhuk...uhuk...
Uhuk...uhuk...
Parah.... Ini udah seminggunya aku sakit. "Batuk". *cerita sekitar 2 minggu yang lalu.

Hai sobat-sobatku dimana pun berada...
Selamat datang kembali di blog "99ricky99". Blng yang aku desain khusus untuk tulisan-tulisan pribadiku.
Tulisan yang intinya mengajak pada kebaikan, dengan beberapa becandaan agar pembaca yang sedih jadi merasa terhibur saat membaca, enggak bosan, dan tetep dapet pdngalaman baik tanpa harus mengalami masalah yang sama. Dengan inti kesimpulan positif disetiap akhir postinganku. ^_^
Semoga kalian semua yang membac` blogku saat ini, masih dalam keadaan sehat, hati yang baik, & siap untuk menjadi orang yang lebih positif dari yang sudah positif sekarang ini. Semangat!!! ^_^

Well...well... udah cukup yah, kata sambutan "temu kangennya". *yang baca : hhuueeekkkkk (mual)

"Ni batuk kok gak sembuh-sembuh sih...?", keluhku dikamar yang saat itu hanya ada aku.

"Uhuk...uhuk...
Uhuk...uhuk..."
"Sumpah, parah abis...!!!", lalu aku berjalan kedapur, mengambil sebuah piring kaca, ku ambil beberapa sendok nasi, dan lauk untuk makan.
Waktu makan...
Dalam pikiranku... "Waduh, kayanya mau batuk lagi nih...", sedangkan saat itu mulutku sedang penuh dengan  nasi. Dalam pikirku lagi... "Ini, kalo sampe batuk, bisa nyembur kemana-mana kaya petasan nih nasi".
Buru-buru aku kunyah semua nasi yang ada dalam mulutku, lalu ku ambil segelas air minum yang udah aku siapkan sebelumnya. Segera ku teguk air minum itu, sebanyak yang aku bisa...
Dan...
"Uhuk...uhuk...
Uhuk...uhuk..."
"Syukurlah...", nasinya batal nyembur. *lega.

Aku selalu inget pesan mamah, "kalo mau minum obat, harus makan nasi dulu...!".
Bentar...bentar...
Itu katanya mamah apa dokter yah? Ah, bodo deh...
Yang jelas mamah udah kaya dokter buat aku. Tiap aku sakit, mamah yang paling pertama ngasih aku obat.
Lebih dari memberikan pertolongan pertama, labih dari memberikan perhatian, meski bukan dokter, tapi buat aku, mamah adalah "Dokter serba bisa buat aku".
Dokter saat badanku sakit,  Dokter saat pikiran kusut, Dokter saat jiwaku down, dan Dokter saat aku patah hati...
Yeah... My mom is the best mom for me! ^_^


"Uhuk...uhuk...
Uhuk...uhuk..."
"Ricky... Itu obatnya diatas meja diminum...", ujar mamahku.
"Tapi mah, saya udah minum obat merek lain... Kalo minum yang ini juga, kan beda... Nanti sakitnya tambah parah...", sahutku.
"Iya, tapi itukan obat batuk...", ujar mamah lagi.
Aku liat dan tatap bungkus obat itu " (merek obat dari mamah)  - Obat batuk". Ya iyalah obat batuk, masak obat diare?
Memang apa yang salah sama obat yang aku minum tapi cuman beda merek sama obat ini? Begitu pikirku...
"Eeem.... Iya mah... Nanti saya minum, kalo obat yang lagi saya pakek sekarang sudah habis, tapi sakitnya masih gak sembuh-sembuh...", sahutku lagi.
"Heem.... Kamu ini susah yah...", kata mamah.

Yup...
Memang sih mamah tu kaya dokter pribadi aku. Tapi aku juga udah tau mana yang cocok & udah bisa ngambil keputusan sendiri. Termasuk untuk kesehatanku.

1 hari berlalu... Aku masih batuk... -_-

"Nih batuk kok gak sembuh-sembuh sih...?"

"Uhuk...uhuk...
Uhuk...uhuk..."
"Ah... Bodo deh...", akhirnya aku ambil obat yang kemaren disuruh minum sama mamah.

Besoknya... Aku masih batuk... -_-

"Jangan-jangan ini gara-gara gonta ganti obat.", begitu pikirku.
Akhirnya hari itu aku putuskan buat beli lagi obat batuk yang aku minum sebelumnya sebanyak 2 kepeng.
Kalo aku itung-itung sih, itu total dosisnya untuk 3 hari.

(Hari ke 1 dari dosis obat yang aku perkirakan)
Tapi waktu aku pulang, mamah malah nyuruh ke dokter, gara-gara capek denger aku batuk-batuk tiap hari, bahkan tengah malem. Iya juga sih, kadang memang aku susah tidur tiap mau tidur, kadang susah tidur gara-gara batuk. Pernah sampai jam 11 malem aku batuk-batuk terus, terus muntah-muntah setelah sikat gigi, dan anehnya malah pilek juga. Dan anehnya lagi... Sampe ada darah yang keluar dari hidung aku...
"Astaga, ini kenapa...?", tanyaku dalam hati.
"Apa yang salah...? Perasaan aku udah minum obat teratur, pake obat yang sama terus.", pikirku lagi.

(Hari ke 2 dari dosis obat yang aku perkirakan)
"Udah ke dokter ki...?", tanya mamah.
"Belum mah... ", sahutku.
"Kenapa...?", itu loh ke dokter langganannya mamah aja.
"Gak apa-apa mah... Kemaren saya sudah beli obat lagi kok, dan sudah minum teratur juga...".
"Iya, tapi obat batuk umum itu ada batas pemakaiannya, lagian dokter kan lebih tau, dosis yang tepat!", sahut mamah, kali ini dengan nada agak sedikit kesal.
"Iya mah... Nanti kalo obatnya udah habis, tapi masih batuk, baru ke dokter..."

"Hemmmh...", keluh mamah. Ya, kali mamahku bener-bener kesal dengan tingkahku...

(Hari ke 3 dari dosis obat yang aku perkirakan)
"Pip...pip...", HP-ku berbunyi, kali ini ada ada telpon dari dari cewekku yang udah hampir 1 minggu gak bisa aku temui. Yah, kita pacaran dengan terhalang oleh jarak. Gak bisa sering ketemu, bahkan kadang malem minggu kita gak bisa jalan. Karna jarak...
Lalu aku aku angkat telponnya.
"Halo..", ucapku.
"Halo juga cayang...", sahut cewek-ku.
(setelah itu percakapan ditelpon pasangan yang lagi kangen pada umumnya, lalu masuk ke intinya)
"Sayang aku mau ketemu cayang... Besok ketemu yah...!", pinta cewekku manja.
Dan aku balas, "Beneran yank...? Tapi apa sayang gak capek? Jarak dari rumah mas sama rumah sayang kan jauh... Udah gitu, siangnya sayang juga harus langsung kerja, kan sayang dapet sif 2...?".
"Iya, gak apa-apa kok yank... Sekalian pengen jenguk sayang... Sakit kok gak sembuh-sembuh...", balas pacarku lagi.
"Iya nih yank, udah beberapa minggu gak sembuh-sembuh...", keluhku.
"Iya yank... Gimana mau sembuh...? Obatnya sayang kan ada disini...? Hehehe.".
"Eh, maksud sayang apa?", tanyaku bingung.
"Iya, obatnya sayang kan ada disini yank... Hehe..."
"Apa yank...? Eh..eh.. Tunggu dulu...! Oooh.... mas ngerti maksud sayang...! Hahaha...", aku baru paham.
"Nah, itu cyank ngerti... Hehe... Besok ketemu ya yank...", pinta cewek-ku.
"Iya sayang... Trims ya sayang...! ^_^"
"Eh, kok cyank kok gitu...? Kok pake trimakasih segala...? Kaya sama sapa aja... Aku kan ceweknya cyank... Jadi udah wajar kok lok aku merhatiin cyank... ^_^"
"Hehe... Iya, gak apa-apa kok sayang, biar sayang tau, kalo perhatian sayang tu harus dihargai, meskipun kita udah pacaran. Pacaran bukan berarti gak harus mengabaikan dan gak menghaormati perhatian dari pacar kita kan yank...?", jawabku.
"Hehe.. Iya cayank... Seneng deh punya cowok kaya cyank...! ^_^"
(selanjutnya percakapan orang pacaran pada umumnya)

Selesai telpon...

(Hari ke 4 dari dosis obat yang aku perkirakan - tepatnya obatku yang ku beli sudah habis!)
"Sial, nih batuk masih gak sembuh-sembuh juga... Tapi malem aja batuk-batuk terus sampe susah tidur. Tenggorokan sakit. Sempet muntah-muntah juga...! Kampret! Sebenernya apa yang salah sih...?", keluhku penuh rasa kesal dan penasaran tentang apa yang salah...?
"Udah ki... kedoketr aja...", terdengar suara mamah yang lagi-lagi menyarankan untuk berobat ke dokter.
"Emmh... Iya mah. Nanti mungkin, kalo ada waktu...", jawabku.
"Iya, makanya kalo dinasehati tu di dengarkan... Obat yang kamu minum itu obat pilek (flu). Dokter tu lebih tau obat yang cocok buat kamu ky...", ujar mamah menasehatiku.
Dan aku sudah males berdebat. "Iya mah...", sahutku.
Setelah itu aku langsung buru-buru ke kamar ku, aku ambil obat yang selama ini kau minum.
Dan ternyata.... "(merek obat yang aku minum) - Obat flu, meredakan sakit kepala, dan demam "
"KAMPRET!!!", spontanku dengan kesal...
"Ya iyalah gak sembuh-sembuh....". -_-

Well....
Akhirnya aku menyadari kesalahanku selama ini.
Dan akhirnya juga, aku kembali lagi kejalan yang benar...
Aku ke apotik lagi... Kali ini beli obat "Batuk dan flu".
Karna gara salah minum obat kemaren, bukan batuknya reda, malah komplikasi sama flu juga. T_T
Parah abis...!!!

Tapi...
Dari kejadian ini aku dapet pelajaran baru lagi yang bisa aku tulis di blog ini. ^_^
Aku sangat bersyukur sampe saat ini aku udah sehat lagi, bisa nulis di blog ini lagi, udah gak batuk lagi... udah gak pilek (flu lagi).
Dan aku bersyukur kesalahanku itu adalah salah minum obat batuk & flu.
Aku bak bisa bayangin kalo seandainya sakitnya wasir, terus salam minum obat dan penyakitnya komplikasi sama mencret. Nah loh...?
Kalo udah kebelet pup gitu, ditahan salah, dikeluarin sakit! Apalagi kalo sampe bolak-balik ke WC gitu???
Gawat kan...?!! ^_^
Temen-temen jangan sampe salah salah minum obat juga yah....! Hehehe... ^_^

Okay, untuk kesimpulan tulisan kali ini, aku mau kasih beberapa poin penting :

  1. Kalau sakit, segera cari tahu informasi buat nyembuhin yang benar!
  2. Dengarlah nasihat orang tuamu... (terutama ibumu!)
  3. Jangan berlagak sok tau...
  4. Kalo sudah 3 hari sakit masih berlanjut, segeralah ke dokter!
  5. Sebelum minum obat, pastikan dulu kamu minum obat yang benar dan sesuai untuk penyakit kamu! Apalagi obatnya udah habis beberapa kepeng, baru dibaca panduannya & info obatnya.
  6.  Jangan sampek melakukan kesalahan kaya aku...! ^_^
  7. Aku masih bingung, sakitnya sembuh gara-gara obat, atau gara-gara kangennya udah terobati yah? Soalnya sakitku juga sembuh, setelah ketemu pacar...! Hahaha... ^_^


Cukup sekian dulu yah, postingan kali ini...
Senang bisa bagi cerita & pengalaman lagi sama kalian...
Have a nice day today guys...! ^_^


  • Share:

You Might Also Like

0 comments