Tabiat anak kuliah yang males. Aiiih....!!!

By Ricky Hermawan Go - Tuesday, May 01, 2012



Suasana kuliah itu sebenernya kaya gimana sih...?
Aku masih aja gak paham dengan apa yang ada dibenak teman-temanku ini...!
Jujur aku banyak gak setujunya sama cara pemikirannya mereka.

Coba deh cek list ini :

  1. Kalo ada tugas kelompok, segera cari kelompok yang ada anak pintarnya, dan biarkan dia yang mengerjakan tugas tersebut.
  2. Kalo ada yang gak bisa, lebih baik tanya sama temen, meskipun yang ditanyain itu juga gak ngerti. Daripada tanya sama dosen.
  3. Kalo waktunya pulang, jangan biarin ada temen yang tanya soal materi, biar bisa cepet pulang.
  4. Kalo dosen gak masuk, itu artinya kita harus bersyukur!
  5. Tanggal merah dan hari diantara tanggal merah (kejepit) adalah bonus buat bersantai...
  6. Kalo kita gak bisa... Jangan panik...! Karna pasti ada teman lain yang gak bisa!
  7. Selama kita kuliah, pastikan punya 2 no HP teman berikut ini :  1. Yang rajin masuk kuliah.   2. Yang pintar!
  8. Masih berhubungan dengan no HP, hanya saja lebih sepesifik. Nomor dosen yang kita ikuti mata perkuliahannya.


Lihat-lihat...
Gimana kita bisa maju dengan kebiasaan seperti diatas....?
Apa..? Masih belom ngerti juga, dan kamu malah tanya, "Kenapa" dan "Kok bisa?".
Nih yah, biar aku jelasin satu persatu...

Penjelasan berikut, berdasarkan urutan list diatas :

  1. Ini apa-apaan coba...? Halo...! Kamu kuliah, mau pintar apa mau bego? Boleh aja satu kelompok sama yang pintar, supaya bisa belajar bareng dan jadi pintar seperti dia. Kalo tujuannya supaya kamu bisa santai tapi nilai ikutan dapet bagus, itu namanya "Pembodohan karakter diri sendiri". Ayo guys! Kita itu semua gak ada yang bodoh, hanya saja kadar "Males" yang membedakan. Kalo kamu mau rajin, gak ada yang mustahil...!
  2. Kalo ini prinsip kamu, dan itu kamu lakuin cuman karna malu tanya sama dosen, "Terus apa gunanya kamu kuliah?". Dosen itu tempat kamu tanya yang paling tepat. Saat kamu tanya temen kamu, apa kamu gak mikir kalo dia juga lagi belajar dan juga butuh waktu buat mikir. Kalo kamu pengen pinter seperti dia, maka tanyalah sama dosen, karna yang ngajarin dia itu si dosen!
  3. Ini lagi... kalo pengen cepet pulang, kamu kan bisa ijin sama dosen dan bilang kalo kamu ada keperluan penting. Dengan gitu kamu bisa cepet pulang, dosen gak mungkin gak ngijin selama alasan kamu itu masuk akal, dan bilangnya dengan sopan. Lagian cara ini gak ngerugiin teman kamu yang masih haus ilmu dan masih pengen tanya-tanya sama dosen sampe dia ngerti! Inget, bukan cuman kamu yang "bayar" kuliah, temen kamu juga bayar, jadi dia juga pantas mendapatkan "Hak" nya selama kuliah. Buat kalian yang selalu pengen pulang cepet, dengerin pesan aku ini "Kalo mau bego, bego aja sendirian! Keluar dari kelas kalo gak suka ada temen yang tanya!".
  4. Dosen gak masuk kok bersyukur! Pala mu peyang! Dosen gak masuk, itu artinya kita rugi! Coz jadwal ilmu kita bertambah malah tertunda... Kalo aku sih, dosen telat aja langsung aku jemput. Nah kalo gak masuk, aku bakal kesel banget! Pertama, aku udah buang bensin percuma, buat ke kampus. Kedua, seperti yang aku bilang tadi, kesel gara-gara ilmuku ketunda. dan yang Ketiga... kesel gara-gara udah buang waktu dan tenaga percuma buat ke kampus, karna seharusnya waktu itu bisa aku pake buat hal penting yang lain!
  5. Lagi-lagi... ya kan? Santai...santai...santai... itu aja yang paling bisa bikin kalian seneng! Sadarlah... biaya kuliah itu mahal! Banyak orang yang pengen kuliah, tapi gak bisa kuliah, dan kalian yang kuliah, malah seakan menyiakan kesempatan yang diharapkan oleh orang-orang yang kurang mampu! Tepatnya, kalian enggak benar-benar memanfaatkan kesempatan untuk jadi pandai...
  6. Kalo kalian enggak bisa, dan temen gak bisa, lalu kalian bersyukur. Menurutku itu malah aneh...sama-sama gak bisa kok tenang-tenang aja. Kok  bisa yah...? "Paling enggak, bukan cuma aku yang gak bisa", pasti itu yang ada di pikiran kalian. Terusin aja kaya gitu, dan saat lulus kamu juga bakal tenang-tenang aja, karna dengan ilmu yang seadanya, kamu cuma jadi sarjana biasa aja...
  7. Kenapa harus punya? Udah jelaslah... Option 1 : fungsinya buat titip absen. Option 2 : buat minta tolong ikut kelompok temen itu kalo ada tugas. Kaya di list no.1 tadi, "Biar santai". Heh, tabiat orang males, gampang ditebak. Hehe...
  8. Biasa ini adalah pilihan orang males kalo udah terdesak. Biasanya, juga dilakukan sama orang yang mukanya tebal malu... Ketika gak bisa nitip absen, atau enggak bisa ngumpulkan tugas, maka mereka bakal minta keringanan waktu sama dosen, parahnya, mereka...enggak segan-segan nyogok...

Okey... cukup sekian tulisanku kali ini.... *sekalian ngelampiasin emosi.
Buat yang udah baca dan masih kuliah, tolong jangan ikutin satupun dari list diatas yah... ^_^

NB : Ini adalah kutipan dari film terbaik yang pernah aku tonton sepanjang hidupku...

"Chase exellance - Success will follow..."
"Kejarlah kesempurnaan, maka kesuksesan akan mengikuti..."
~ 3 Idiots ~

  • Share:

You Might Also Like

0 comments