Pengalaman Penting

By Ricky Hermawan Go - Thursday, March 17, 2011





Sebenernya catatan ini bukan baru aku buat dan baru dipublikasikan, karena sebelumnya pernah aku muat di Facebookku. Nah... setelah aku timbang-timbang, kayanya ini cukup bagus buat publikasikan ulang, jadi sekarang aku posting lagi deh ke blog, tapi yang ini sudah aku refisi. Semoga bermanfaat buat yang membacanya yah...!

Ini adalah pengalaman hidup aku.
Suatu ketika, aku mencoba untuk membantu salah seorang teman untuk menyelesaikan masalahnya. Masalahnya sengaja ga aku sebutin biar kita bisa anggap ini adalah masalah yang umum. Tetapi tengah perjalanan membantu temen aku ini, aku baru nyadar ternyata membantu seseorang itu sulitnya minta ampun! Buset dah, baru satu orang aja sulitnya setengah mati. Apalagi ribuan orang...?

Disinilah aku juga tersadar betapa sabarnya Allah (Tuhanku), gimana enggak? Aku yang nyoba bantu satu orang teman aja kualahan... apalagi Tuhan yang tiap hari mendengar keluhan umat manusia yang gak keitung jumlahnya. Keluhan demi keluhan, manusia emang gak ada hentinya mengeluh. Ambil contoh aja yang mulai dari keluhan karena gak dapet-dapet pacar, sampe yang mau cerai karena KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga). Tapi untungnya Tuhan itu maha kuasa dan bisa mendengar sekaligus menyelesaikan apapun keluhan umatnya dalam waktu bersamaan, kalo Tuhan mau. Coba bayangin kalo manusia biasa yang jadi Tuhan, mungkin bisa borokan kali tuh telinga mendengar keluhan-keluhan dari manusia yang jarang bersyukur, contohnya aku. Yah... terkadang aku emang lupa bersyukur, apalagi kalo insomnia aku kumat! Eh salah, maksudnya amnesia aku. Semoga suatu saat penyakitku ini bisa sembuh.

Sumpah, untuk memberi motivasi kepada orang lain susahnya minta ampun! Apalagi kalau orang itu sangat tertutup terhadap pendapat orang lain. Kadang aku berfikir, masalah aku yang ada aja belum kelar. Oke, biar lebih mudah dipahami, kita bayangkan saja orang itu adalah "kamu". Ambil contoh saat kamu dihadapkan dengan masalah pribadi kamu. Tanpa disadari kamu bakal kehilangan inisiatif buat nolongin masalah orang lain terlebih dahulu, mulai mengabaikan tujuan  untuk membantu kehidupan orang lain... karena kamu pasti bakal lebih terfokus pada bagaimana menyelesaikan masalah kamu terlebih dahulu. Nah... inilah yang saat itu aku rasakan! Tapi yang namanya persahabatan, akhirnya aku coba buat menabaikan masalah pribadi aku terlebih dahulu. Aku anggap aja masalah aku masih bisa menunggu dan sapa tau setelah bentuin temen aku ini, aku juga bakal dapet jalan buat nyelesein masalah aku.

Singkat cerita...
Akhirnya aku berhasil bantuin temen aku tadi, yah... walaupun harus bolak-balik ngasi saran sampe nih mulut berbusa-busa & nyaris copot. Dan disitu aku bukannya dapat solusi buat masalah aku, tapi aku dapet hal yang lebih penting dari itu. Aku dapat cara yang ampuh buat dapetin solusi dari semua masalah yang aku hadapi sehari-hari...!

Gini, sebenarnnya kalo kita mau lebih terbuka dalam berfikir, ada cara mudah dan banyak banget solusi gratis gratis terhadap masalah yang anda hadapi. "Dengarkan saran orang lain & terimalah kebaikan mereka".
Jadi, dengarkanlah nasehat orang2 disekitar kamu, yang peduli sama kamu. Dan jangan pernah mengatakan "Jangan ikut campur, ini bukan masalahmu, karna kamu ga ngerti apa yg aku rasakan!" kepada mereka.
Oke, orang emang enggak tau masalah kamu & enggak mengerti masalah kamu. Tapi ada satu hal yang kamu perlu tau. Seandainya dia gak ngasih saran & ngebantu kamu, dia tidak akan rugi apa2! ^_^
Tapi perlu aku tegaskan, sebenernya kamu sudah RUGI ketika berkata demikian, karena dia sudah meluangkan waktunya untuk mencoba memperhatikan kamu.

Iya... kamu :
  • Orang yang kerjaanya cuma hanya bisa mengeluh, daripada membantu orang laen.
  • Menganggap bahwa masalah kamulah yg paling berat dimuka bumi ini!
  • Meratapi & bisanya mengasihani diri sendiri.
  • Menolak kebaikan orang lain, seakan-akan kamu bisa bertahan tanpa orang lain.
  • Merasa kamulah orang yg paling kuat & tidak membutuhkan siapa pun didunia ini!

Tapi bila semua ciri-ciri diatas tidak ada dalam diri kamu, maka bersyukurlah...
Karna kamu masih belum tergolong orang yg paling tidak dibutuhkan dimuka bumi ini. ^_^

Siapa aku sih ya ngomong kaya barusan? Hehe...
Tahukah kamu? Dulunya aku adalah orang dengan ciri-ciri kaya diatas. Dan aku berani jamin kalo menjadi orang yang kaya gitu sama sekali gak ada enaknya. Hanya akan membuat diri sendiri menjadi jauh dengan yang namanya indahnya hidup bersama.

Dan akhirnya aku akui, setelah membantu salah seorang teman itu, aku juga jadi percaya, kalo kita membantu orang lain, itu gak bakal ada ruginya, kecuali kita ngebantu penjahat. Aku juga sedikit mengerti, kalo kita membantu orang lain, disaat itu kita juga sedang mencari solusi baut masalah kita, setidaknya itu juga jadi pengalaman kita jika menhadapi masalah yang sama suatu saat nanti. Dan poin terpentingna adalah... Tuhan itu maha melihat! Setiap perbuatan baik kita akan dibalas dengan kebaikan juga oleh Tuhan! Inilah mengapa aku bila kalo menolong orang lain itu gak bakal ada ruginya.

Jadi temen-temenku semua. Mulai sekarang, jadikanlah diri kamu lebih baik daripada sekarang & bantulah orang lain yang membutuhkan pertolongan kamu, terutama Orang Tua & Keluarga terdekat kamu, karna juga perlu kamu sadari, nyawa kamu saat ini bukanlah milik kamu sepenuhnya.... Maka berbuat baiklah untuk sisa waktu hidup kamu....

Trims udah baca, semoga kamu bisa mengambil hal positif dan menerapkannya dalam kehidupan kamu, dari postingan aku yang lagi bener ini. Hehehe... Ngomong lagi! ^_^

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Sebelum komentar, klik "Notify Me" untuk mengetahui komentar anda telah dibalas oleh saya atau pembaca blog saya.