I'm not “Preman” !

By Ricky Hermawan Go - Tuesday, February 01, 2011





Malam itu..., hujan yang tidak begitu lebat mengguyur Banyuwangi. Tapi cukup untuk membuat orang yang berpergian naik sepeda motor basah kuyup dan menggigil kedinginan. Tidak terkecuali aku. Yah, hari senin malam selasa ini sudah waktunya UAS di kampus (Ujian Akhir Semester). Tapi enggak dengan aku. Kenapa...? Karena eh karena... aku belum bayar tanggungan kuliah (tunggakan).

Yah, kalo ngomongin alesan sih banyak. Mulai dari sibuk ngurusin proyek buku, ngerjain tugas-tugas kuliah yang seabrek, usaha pulsa, hingga alesan-alesan gak penting lainnya. Kaya OL (online) fb semaleman, trus ngorok seharian pagi hingga sorenya, bahkan sampe alesan aku yang paling gak penting, “gak punya uang”. Oke, itu adalah jawaban aku yang paling jujur. “Jangan ketawa kalian! Atau mau aku jotos hidung kalian hingga berdarah-darah...”.

Yah, aku kalo marah emang sadis. Kalo gak percaya tanya aja kucing tetangga. Waktu aku lagi kesel, aku tendang bokongnya! Kucing itu gak terima, setelah mengeong kaya suara kucing kejepit “weeong...”, dia gigit kaki aku! Setelah menjerit “aduh” dengan suara yang mirip banci. “Aku gigit juga kamu yah...!!! Arrrgh....!”. Nah, sudah jelaskan siapa yang lebih waras antara manusia labil dan kucing kompek? Tapi mohon jangan tiru adegan tersebut, tanpa ahli atau orang professional dibidang tersebut. (Maksudnya?)

Okeh, sebelum cerita ini jadi semakin gak jelas, akhirnya malam itu aku pergi kekampus untuk menunaikan tugas mulia (bayar tunggakan kuliah) sebelum ujian.  Hujan malam itu cukup lebat, tapi enggak menahan aku untuk tetap pergi ke kampus. “Gue, gak peduli”, karena saat itu aku pake jaket kulit hitam kesayanganku. Ya... kaya jaketnya THE CHANGCUTERS gitu deh.

Sesampainya di kampus. Tanpa peduli sekitar (meskipun orang-orang sekitar pada melototin aku), dengan cuek aku langsung masuk kampus menuju ruang skretariat & administrasi. Maklum, ruangannya jadi satu. “Heran, pada kenapa sih? Gak pernah liat calon artis yah”, aku sewot. Diruang administrasi, aku mendapat kabar yang bisa bikin jantung aku berdetak 5 kali lebih kencang! “Aaaaaahhh....”, teriak aku histeris dalam hati. Ternyata aku baru tau kalo tanggunganku masih kurang Rp 500.000. Padahal dikantong aku cuma bawa Rp 300.000. “Aku harus apa...?”, pikirku. Berusaha untuk tetap tenang. Aku bilang sama petugas administrasi, “Tenang mbak, loket tutp jam 8 kan? Sebentar lagi saya balik kok”, papar aku sok tenang, padahal dalam hati, pernyataanku sama mbak itu tadi masih ada lanjutannya, “Kalo saya dapat uang malam iini juga, tapi kalo enggak...”. Nah loh! Lanjutannya silahkan pikir sendiri deh.

Selanjutnya aku mulai berpikir keras harus nyari uang darimana malam itu juga? Atau kalo enggak, besok akan menjadi semakin buruk. Aku gak boleh ikut ujian dan harus mengikuti ujian susulan. Enggak sampai disitu. Parahnya! Aku juga harus membayar denda Rp 50.000/ujian susulan. Nah, dalam 1 hari ada 2 mata pelajaran, jadi kalo besok aku gak bisa ikut ujian, aku bakal kena denda sebesar Rp 100.000. Puncaknya... Malam itu aku sempat mikir buat malak atau nodong salah seorang mahasiswa untuk mendapatkan uang Rp 300.000. Tapi akhirnya niat itu aku batalkan, menyusul telah aku sadari bahwa tampang aku sangat-sangat gak mendukung buat jadi preman. Yah, wajah aku terlalu imut buat jadi seorang perampok! Dimana-mana perampok itu mukanya item, brengosan, dan penuh luka bekas sabitan pisau...! Sedangkan aku, muka berkulit putih, gak punya kumis, dengan bekas jerawat segede kutil dibawah hidung. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi, bila dengan badan segede marmut sedang hamil 7 bulan,  aku memalak salah seorang mahasiswa yang tingginya kaya tiang listrik. Eniwei, ini pengakuan aku yang paling menyedihkan... “Yah, aku emang pendek!”, hik...hik... (nangis banci).

Setelah gagal total mau ngerampok temen satu kampus. Kemudian aku memilih cara yang lebih aman namun tetep tidak terpuji. Minta uang sama my mom. Lalu aku telpon my mom, namun gak jadi karena gak punya pulsa. “Yeah, aku emang menyedihkan...”. Pada akhirnya aku cuma bisa sms.

“Mah, tanggungan masih kurang 500ribu, masih kurang 300ribu. Tambahin 200ribu dong. Kalo gak bayar mala mini juga, besok ga boleh ikut ujian”

Lalu aku menunggu dengan hati cemas. 5 menit kemudian.

“Tunggu Dimas di cepan Atm Bri, dekat Roxy. Dia pegang kartu Atm mamah”, SMS itu adalah jawaban penantianaku. “Haaah... aku lega”.

Setelah bolak ke Atm dan balik lagi ke kampus dengan uang Rp200.000 di dompet, aku nyamperin mbak petugas admin.
          Aku             :  “Mbak, mau bayar biaya yang tadi”, kataku masih dengan sok cool.
          Mbak itu    :  “...”, sibuk ngetik.
          Aku             :  “Rp 500.000 kan?”, kali ini lebih sok lagi.
          Mbak itu    :  “...”, masih sibuk ngetik.
          Aku             :  “Ini mbak!”.
          Mbak petugas admin itu akhirnya buka mulut juga.
          Mbak itu    :  “bayarnya sama mas yang disebelah situ yah”, sambil menunjuk mas-mas yang berkemeja putih.
          Suasana mendadak begitu kikuk...
          Aku             :  “Oh...”, pura-pura noleh ke mas yang ditunjuk mbak tadi. “Yang itu yah?” nuding kearah mas berkemeja putih. “hehe... sorry mbak...”.

          Dan akhirnya setelah membayar uang tagihan kepada mas berkemeja putih itu, aku yang ga punya planning lain akhirnya memilih untuk langsung pulang kerumah. Namun ketika dilorong kampus malah ketemu Andre dan Jek (dua sahabat labil aku).

          Jek              :  “Beh... enak banget ke kampus pake kaos oblong gitu Rick”, sambil majuin kepala, tanda menunjuk kaos oblong yang lagi aku pake.
          Aku             :  “Heh, ya iyalah, masa pake jaket kulit dalemnya kemeja?”, aku jawab asal.
          Jek              :  “Hahaha...”, ketawa gak penting.
          Andre         :  “Gaya...”, dengan logat jawa-nya.
          Aku             :  “...” cuek aja sambil benerin jaket.
          Andre         :  “Eh, kamu kaya Preman Rick”, ucapnya spontan.
          Aku             :  “Hahaha... iya yah?” sambil mikir, seandainya tadi aku malak, mungkin bakal berhasil. Andre aja mengakui dandanan aku! Ternyata aku cocok jadi preman, pikirku dalam hati.
          Lalu Andre mendekat dan membisikan sesuatu di kupungku.
          Andre         :  “Iya, preman kelamin”, bisiknya...
          Aku             :  “KAMPRET KAMU NDRE....!”, aku gondok abis.
          Andre         :  “Hahahaha......”, ketawa penuh kemenangan.

          Akhirnya aku sadar kenapa aku dilototin semua mahasiswa waktu awal masuk kampus. Ya iyalah, orang semua pada pake almamater kampus, sedangkan aku dengan santainya berjalan masuk pake jaket kulit berwarna hitam. Mungkin mereka benar, sesaat aku aku emang tampak seperti sorang preman.

“Yah, preman kuliah yang punya tunggakan dan salah kostum, dengan wajah imut yang sama sekali gak menyeramkan kaya preman pada umumnya (kecuali preman slebor), tapi malah bikin perut mules gara-gara ketawa karena segala kekonyolan-nya. Tapi aku sama sekali gak mau kalo di samain dengan preman yang ada dalam pikirannya si Andre kampret itu”.

  • Share:

You Might Also Like

3 comments

  1. Hhaha..... asik juga ceritanya!!! :D :D :D

    si TukanG KoMEn gak jelas...

    ReplyDelete
  2. i'm not preman itu kjadian kmren ya,,,,coz bis tag baca,,,q tw pas andre ngumung kari enak yo gawe kaos,,,,ada q pas km ngalamin kjadian ntu....
    wkwkwkwkwkwk......tp tulisan mu gag klah m raditya dika.

    ReplyDelete
  3. hehe..pulangx lgsg skit tuh..

    ReplyDelete

Sebelum komentar, klik "Notify Me" untuk mengetahui komentar anda telah dibalas oleh saya atau pembaca blog saya.