Amazing of Baluran

By Ricky Hermawan Go - Friday, November 12, 2010





Ini adalah percobaan postingan dengan foto diri sendiri pertama aku. Sebelumnya sempet sih bikin, tapi hasilnya... "cukup enggak memuaskan". Udah... jangan dibahas lagi, dan bagi yang udah pernah liat postingannya, terima kasih buat hinaannya. "Aku tahu apa yang ada dalam hati kalian saat melihatnya, di tambah lagi ada seorang pria enggak proporsional disebelah mading yang keren dalam foto itu".

Eniwei...
Udah saatnya aku bangga pada kampung yang kutinggali saat ini. "Maaf pada Banyuwangi yang aku bilang kampung, karena nanti kalo aku bilang kota metropolitan salah juga. Kan jadi serba salah??". Peace...! ^_^ . Intinya, pada postingan kali ini aku mau berbagi pengalaman & keindahan alam sama kalian para pembaca enggak setia blog aku. Perlu diketahui, semua foto yang akan kalian semua lihat pada postingan ini, asli diambil dalam waktu satu hari dan satu lokasi. Yaitu, tanggal 12-07-2010 di Baluran National Park - Banyuwangi.

Oke...
Gak bakal berbelit-belit, langsung ke foto-foto hasil jepretan para fotografer yang sangat enggak profesional dan sangat enggak berpengalaman yang patut sekali tidak dibanggakan :


 
Tahukah anda? Sebenarnya ini foto yang sangat enggak penting. Karena sebenernya perjalanan aku naik Jupiter MX. Mohon jangan bertanya demikian "Trus ngapain foto di plang terminal?" 


Nah, ini ketika aku baru nyampe. "Lucu yah?"
"Huuuuuueek......"
"Woii...! Sapa yang muntah barusan? Cepetan ngaku...!! Telen lagi! Aku gak terima...! Ihiki..ihik... T_T "


Aku lupa bilang, kalo liburan kali ini aku ngajak "Makhluk keturunan sedarah" biasa di panggil Dimas, ikut juga.Dan dia adalah ade semata wayang aku. Tukang bawa tas pada perjalanan kali ini. Huahaha... ^_^
Lihatlah, betapa narsisnya kedua orang keturunan satu nyokap ini.

  
Perjalanan kita dimulai....
(jalannya naik turun, awas kepleset)


Daun yang gugur, ternyata juga bisa terlihat indah... "I like it....!"


Setelah melewati plang ini. Mata kita akan dimanjakan dengan warna-warna hijau. Dijamin, ini bakal mengusir semua kejenuhan bagunan-bangunan gak proporsional di kota. ^_^


Percayakan? "Sumpah, disini rasanya sejuk banget!"


Surga Hewan (Savana) :


Nah, ini dia savana. Surganya para binatang bebas... Karena mereka benar-benar bebas berkeliaran disini. Mulai dari musang, ayam hutan, merak, monyet, kijang, banteng, sampe yang paling ekstrim harimau! Tapi tenang, kalo kamu mampir kesini, aku jamin kamu gak bakal ketemu, soalnya aku aja gak ketemu. Tapi kalo ternyata takdir kejam sama kamu, aku cuma punya satu tips buat kamu. "Kata Raditya Dika : Kamu enggak perlu lari lebih cepat dari si harimau, kamu hanya perlu lari lebih cepat dari temen kamu. & Kata om Mario Teguh : Lalu... lihat apa yang akan terjadi!"


Berikut penampakan hewan-hewan di sana :


Ini gambar Kijang Jantan (besar) kelihatankan ada tanduknya, dan Kijang Betina (kecil), kalo gak jelas aku sarankan liat pake kaca pembesar. "Masih gak kelihatan...!" Aku sarankan kamu liat print gambar ini, lalu cetak yang besar. Tapi kalo masih gak kelihatan. "Aku minta maaf... soalnya foto ini juga bener-bener maksa". 

Kata Dimas : "Kijang itu indranya sensitif, dari jarak 3 kilometer aja dia bisa tau kalo ada manusia mendekat"
Awalnya aku gak percaya, tapi setelah mau foto, dari dekat, bener aja. Gak sampe 3 kilometer dia-nya udah kabur. Jadinya harus maksa kamera HP (handphone 2MP) max zoom. Lihat sendiri deh gambarnya. Tapi, belakangan aku ambil aja hikmahnya. ternyata selain jadi tukang bawa tas, Dimas juga menjalankan tugas sebagai pemandu wisata dengan baik, wawasannya luas! Hasil sering liat Animal Planet, Discovery, National Grafik Channel, Jejak Petualang, Dolphino, Otan, pokoknya gitu-gitu deh, aku sampe asal nyebut sangking banyaknya yang diliat Dimas. Yang penting, gak sia-sia aku ajak dia. Huhahaha....uohok..ohok..ohok... (ketawa sambil nakan krupuk = keselek).


Oh iya... aku lupa. Ini ada gambar Kijang Betina yang lumayan deket loh.
"Maaf... amnesia aku kumat".


Ada saat dimana aku bener-bener merasa kalo Dimas itu mungkin berasal dari alam liar seperti di hutan ini. Dia udah aku anggap "Tarzan". Kalian tahu ini foto apa? Aku yakin enggak!

Cuplikan :
Waktu lagi jalan naik MX. Pada jarak sekitar 800 meter gitu.
"Aa' (bahasa sunda) stooop A'...! Stop...! Stop...! Aku bilang stop...!!!"
Ciiiiit......
"Apaan sih Dim?? Ngagetin aja tau!"
"Ssssst....! Itu....didepan."
"Apaan gak jelas Dim."
"Itu merak!"
Dalam hatiku : "Gila, ni anak dapat bakat indra dari mana? Perasaan aku aja yang kakak enggak sepeka itu. Padahal menurut teori, semakin tua umur seseorang, konon indranya akan semakin tajam. Tapi kenapa cuma Dimas yang tau? Yang bener aja? Jarak sejau itu, dimataku, itu gak jauh beda dengan ukurannya siput!"
"Udah, buruan turun dari MX, kamu jalan pelan-pelan, terus foto yah..."
5 menit kemudian.....

Ini adalah hasil jepretan terakhir Dimas sebelum si merak kabur. 
Kata Dimas "Merak itu indranya lebih sensitif dari kijang, jadi lebih susah dapetin fotonya, apalagi badannya kecil. Beeeh.......!" Sekilas aku ngerasa Dimas beneran pakar/ahli hewan, tapi sekilas juga mirip pemeran iklan Flexi (The Changcuters).
Walaupun gambar item dipojok kanan agak atas itu mungkin kurang jelas, tapi aku percaya itu adalah merak. Karena dilokasi aku sempet liat dari jarak dekat sebelum dia kabur. "It's amazing....! Beautifull banget... T_T"
Pokoknya kamu harus liat....!


Ini satu-satunya foto paling jelas dan terlihat bersahabat banget. Si Monyet kelihatan gak keberatan waktu di foto. Malah, kayanya dia seneng banget "tuh, sampe berpose kaya gitu....". Atau mungkin, karena ada ikatan batin yang sangat erat antara dia dan Dimas seperti yang aku bilang. Ada indikasi kalo si Monyet juga merasa kalo Dimas itu adalah... "Tarzan".

Yak, cuma itu foto-foto hewan terbaik yang kita dapat. Setelah kehilangan mengabadikan foto Elang Hitam (aku yang paling sakit hati gak dapet fotonya... T_T), Ayam Hutan, dan aku sangat bersyukur gak ketemu Harimau liar "masa bodo gak dapet fotonya, aku gak mau mati konyol".


Semakin dalam kita masuk hutan.... kita akan menemui tanaman-tanaman bervolume besar yang tumbuh dengan subur....!


Mau tau apa yang ada dibalik rimbunnya hutan ini...??
"Sumpah aku takjub banget....!"


Beralih ke Pantai & Hutan Mangrove :


Maaf, foto ini diambil diatas MX tanpa berhenti dulu.


Pantai yang keren abis....! Soalnya pantai yang di Banyuwangi rata-rata pasirnya berwarna Item, sedangkan ini berwarna putih.


Ada perahunya juga loh....!


Hutan Mangrove... Ini pertama kalinya aku liat sendiri. Biasanya cuma liat di buku doang! "Waaaaah......" (dengan mata nanar).


"Auuuuoooo............!". Sudah taukan, ini gaya apa?
"Maafkan Aa' ya Dim, gayamu Aa' ambil. Huauahahaha..... " (ketawa lebar, kucing aja masuk!)


"Hutan apa lagi itu.....???"


Pemandangan inilah yang akan kita dapat didalamya. "Subhanallah....." ^_^


Foto-foto gak lulus sensor : 


"Haaaah........ Nikmatnya....."


Sekilas foto ini keren sih...
1. Dilihat dari gaya Dimas yang sok keren.
2. Bangunan tempat menginap dibelakangnya juga "Beeeh.....!"

Tapi tau gak yang lucu itu apa?
Hal yang lucu banget, sampe-sampe aku bikin aku gak konsen saat ngambil gambar ini.
Yang ada malah ngakak-ngakak.....!

Cuplikan :
Dimas yang lagi nunduk liat kebawah: "Asemmm!!"
Aku       : "Kenapa Dim?"
Dimas   : "Pas banget dibawah sini ada tahi Monyetnya!! Bau banget lagi!! Asli kurang ajar!!"
Hening sesaat....
Aku       : "Huaahahahahahahah........" (sampe sakit perut)
Dimas   : "Boneng! Malah ketawa! Cepetan ambil gambanya......! Udah gak tahan nih. BAU...!!!" (masih nunduk)
Aku       : "Huahahah...... Iya Dim, sabar yah, tunggu bentar, Aa' ambil dulu." (siap-siap jepret). Dapet aja gayanya doang yang keren! Huahahahah....." (sambil njepret).


"Minum..... Pocari Sweat!" (halah...)


"Ooooooh......."



Dimas ketika melihat keluarga lainnya yang telah tak bernyawa. 
"Bo... kamu kok sekarang jadi kurus gini?"


Perjuangan ke puncak menara :


"Jadi cowok gak boleh letoy dim....! Ayo...!!". "Okey...." jawab Dimas.

5 Menit kemudian...

"Ayo A'!" seru Dimas. "Bentar Dim.... Aa' capek.....hosh...hosh..." (terenggah-enggah).


Aku setuju kalo ada yang bilang foto ini keren! Tapi aku rasa bakal lebih keren kalo dimas fotonya waktu loncat dari atas menara ini...!


Jangan Tiru Adegan Ini!
.


Lalu....


Aku     : "Keren......"
Dimas  : "Kurang kerjaan......"

Tapi...

Aku heran, kenapa ketika landing aku reflek melindungi bagian yang kenyal dari pada vital (kepala)...???


Foto gak penting lainnya :


Aku     : "Dasar......"


Pulangnya :


Hujan deras tanpa ampun......


Wajah orang frustasi....

Lalu bagaimana dengan Dimas?

Dia mah gak tau situasi... Tetep aja NARSIS. 



Aku & Dimas : "Ketemu lagi di Holiday selanjutnya yah.....!" ^_^ 


NB : Bagi yang pengen tau info tenteng Baluran lebih lengkap, akses disini.


  • Share:

You Might Also Like

3 comments

  1. Waaahhhhhh........... cool!!! Jadi pengen kesana!!! :$ :$ :$

    TyAss si Usiel.

    ReplyDelete
  2. manchaaappppp!!!!^^rame bener liburannya hahahha :D (padahal cm berdua)
    bener2 butuh perjuangan buat liat kijang betina n burung merak....selain kecil nyari objek yg dimaksud bener2 kyk nyari jarim di tumpukan jerami hahahhaha (gedean ini di...kit sich)^^
    well aku tunggu posting selanjutnya :)

    ReplyDelete
  3. keren...kapan ya q bisa ksana... :(

    ReplyDelete

Sebelum komentar, klik "Notify Me" untuk mengetahui komentar anda telah dibalas oleh saya atau pembaca blog saya.