Ada Apa Dengan Brenda?

By Ricky Hermawan Go - Tuesday, November 16, 2010




Brenda...
Senyum bibir kecilmu bisa meluluhkan hati siapapun...
Tatapanmu bisa membekukan keangkuhan para pria...
Entah bagaimana caranya menaklukan hatimu,
Bila para pria saja mampu kau taklukan...
Sedangkan aku,
Hanyalah rumput kering tanpa daya,
Bahkan bertahan hidup dibawah terik matahari pun aku kewalahan.
Hanya waktu yang kan menjawab,
Akankah hatimu menjadi milik...?
Dalam diam ku tertawa,
Antara menghirup, dan menghela nafas...

                                                                Oleh : Ricky Yagami

NB : Perhatian, puisi diatas tidak ada hubungannya dengan cerpen dibawah.
Kesalahan bukan pada mata anda.
Semua murni karena ketidakwarasan si pengarang!


“Teng teng tong teng...”
“Teng teng teng tong...”

Bel perkuliahan berbunyi, tanda dimulainya jam perkuliahan di Universitasku.
Seperti para mahasiswa pada umumnya, gue pun masuk rke uangan kelas, dan menunggu dosen!
Tapi, bukan untuk belajar, karena ini adalah cerita saat pertama gue masuk kuliah. Mahasiswa baru.
Oke, singkatnya hari itu hanya perkenalan doang, gak ada yang special, & gak penting banget.
Tapi kenapa gue ceritain ini?
Ya biar ada pembukaannya ajah...
Habisnya gue bingung mau mulai dari mana. Hehe..
Tapi gue jamin, cerita selanjutnya bakal menarik banget.

Ini kisah tentang “Brenda”.
Bukan... Gue kan udah bilang, kalo ini gak ada hubungannya dengan puisi diatas...
Ngerti gak sih?
Yang ini Brenda-nya cowok, bukan cewek.
Jangan tanya kenapa dia cowok, karna sampe sekarang gue juga gak tau alesannya.
Tapi kalo boleh gue berasumsi.
Mungkin karena orang tuanya Brenda pengen banget punya anak cewek. Makanya dia diberi nama Brenda.
Atau versi lain mungkin. Bisa aja dulu waktu Brenda masih kecil, titit-nya gak keliatan, trus dia dikira cewek. Trus dalam pertumbuhannya Brenda diprlakukan oleh orang tuanya kaya anak cewek beneran. Pake baju cewek...
Pake rok cewek...
Pake bedak kaya cewek...
Dan parahnya harus masuk Toilet Cewek juga...
“Uuuh... itu gue juga mau...!”
Tapi dalam pertumbuhan selanjutnya akhirnya Brenda bener-bener menunjukan tanda-tanda kejantanannya yang menunjukan kalo dia bukan cewek!
Diantaranya :

Rambut kriting... (cewek juga ada yang krtiing).
Suaranya gede'... (cewek juga suaranya ada yng gede)
Otot yang membesar... (cewek juga otot bagian depannya kekar... Uups..!)
Jakun-nya udah nongol... (cewek juga punya ja... Oke, kali ini gue salah, cewek gak punya jakun).
Sekarang titit-nya udah nongol dan lebih gede dari buah pisang Ambon.

Yup, mungkin itulah akhir dari cerita bahagia kedua orang tua Brenda waktu dia mirip cewek!
Beranjak kuliah gue ketemu brenda.
Perawakannya kali ini beda banget 180 derajat dari Brenda yang dulu, nih dia ciri-cirinya, rambut kriting tetep, otot gede tetep, suara gede tetep, jakun nongol juga tetep, nah....!
Masalah titit-nya jujur gue sama sekali gak tau, mau bentuknya kaya pegimana gue juga kagak mau tau! Kaya lilin kek, kaya tongkat pramuka kek, bahkan mau segede tiang listrik SEKALIPUN...
GUE KAGAK PEDULI.... ! NIH CARA MATIIN CAPS LOCKNYA GIMANA SIH...???
OKE...!!! Akhirnya gue bisa matiin caps lock-nya & berhenti ngomongin masalah titit...
Tapi jangan harap kegilaan gue bakal berhenti.
Sebab otak gue udah miring dari sononya...
Gambaran diatas juga cuman khayalan ngelantur gue doank! ^_^
Kecuali gambaran tentang Brenda yang sekarang.

Lanjut ke cerita Brenda. Bukan ke Laptop...!
Kejadian berikut gue harap gak bakal ada yang niru...
Waktu itu kita lagi jam kuliahnya pak Rudi, Akutansi I.
Pelajaran berjalan dengan lancar, gak ada masalah, temen gue namanya Rere begitu menikmati pelajaran ini. Bayangin aja dia kagak berinti ngitung dari awal pelajaran, terakhir gue tau dia baru nyelesein contoh soal dari pak Rudi setelah corat-coret dikertas sebanyak 3 lembar.
Temen gue Tari & Novita cuman 2 lembar kertas, soalnya tulisannya kecil-kecil.
Anisa donk lebih hebat... dia nyelesein semuanya cuma dengan 1 lembar kertas, soalnya emang pinter!
Nah...
Kalo gue jangan ditanya, gue berhasil ngerjain semuanya tanpa sehelai kertas pun.
Soalnya yang gue itung laba jualan pulsa gue tadi pagi, maklum... gue juga sampingan jual pulsa dulu!
Setelah itung laba pulsanya selese. Gue juga sukses tidur dikelas tanpa ketahuan pak Rudi.
Begitu bangun gue langsung nyontek jawaban punya Rere... Beres deh!
Gimana ama tokoh utama Brenda...?
Tenang... dia lagi santai kok.
Waktu gue tanya,
“Udah selese Bren?”
“Udah!” Jawabnya mantap.
“Gila, hebat nih anak” pikir gue liat donk!”
“Nih...” sambil ngasihkan buku,
Gue baca dengan cermat... sampe beberapa menit gue nyoba mahami tulisan Brenda...
Detik demi detik gue trus nyoba mahami tulisan Brenda.
Hingga akhirnya gue tanya sama Brenda.
“Apaan....! Kampret! Mana jawabannya??”
“Gue kan gak bilang kalo jawabannya udah selese, maksud gue yang udah selese nulis soalnya!”
“Semprul.....!” tanpa pikir panjang tuh buku langsung gue lempar balik ke Brenda. Bikin gundok aja... Tapi kejutan Brenda gak cuman sampek disitu.
Pelajaran udah berjalan selama 1jam pelajaran, terus tugas kita tadi juga selese dibahas bersama oleh pak Rudi. Temen-temen yang tadinya gak paham, sekarang udah paham semua. Kecuali gue.
Pak Rudi adalah dosen yang sabar, gue salut ama beliau, kalo ada yang macem-macem, beliau tetep sabar. Ada yang ngoceh sendiri juga beliau tetep sabar. Kalo beliau lagi serius trus ada temen gue yang becanda, beliau cuman senyum-senyum ajah. Emang sih... manusia itu ada batasnya. Pak Rudi juga... beliau kalo kesel enggak kereng kok'! Paling-paling cuma dilempar peke kursi!
Terus yang kena gue timpalin,
“Mampus loe...!”
Waktu itu, temen gue duduknya dibalekang. Jadi pas gue mau balik noleh ke depan, “Plang....!!”
Muka gue kena sambar tangannya pak Rudi.
Tapi gue gak nangis kok...
Soalnya kejadian yang gue omongin diatas cuma khayalannya gue doang.

Sorry... kalo gue banyak ngelanturnya, tapi itu pembodohan publik kok', cuman gue-nya aja yang kelewat kreatif mengkhayalnya.
Nah, jam pelajaran ke 2 pak Rudi udah berlalu setengah jam. 1 mata pelajarannya pak Rudi, sama dengan 2 jam pelajaran. Materi udah hampir selese. Soal juga udah dibahas. Wajar donk kalo pak Rudi tanya.
“Gimana, udah paham semua? Ada pertanyaan?”
Nah, nih dia Brenda mulai beraksi lagi. Awalnya dia ngacung, terus bilang,
“Pak, mau tanya!”
“Silahkan.” kata pak Rudi.
“Kita pulanya jam berepa yah pak?” kata Brenda kaya gak punya dosa.
Spontan seluruh temen-temen gue pada ngakak-ngakak gak karuan! Brenda udah sukses ngocok perut kita semua, kecuali pak Rudi...
Brenda emang dahsyat...! Gue salut ama nih anak! Ternyata dia lebih GILA, lebih STRESS, & lebih SINTING daripada gue! Gila ajah... Nih anak punya nyawa berapa? Gak takut dibunuh sama pak Rudi apa? Gue pikir, gue paling ancur di kelas ini. Tapi ternyata gue ada temennya...!
“Haah... syukur deh...” kata gue dalam hati.
Oh iya, trus gimana sama tanggapannya pak Rudi? Untuk yang satu itu gue gak ikut-ikut.
Dari luar sih kayaknya gak ada apa-apa, biasa aja, sambil senyum-senyum. Tapi gak ikhlas gitu.
Kayak orang mau ketawa, tapi lagi sariawan.
“ehe'..ehe'..ehe'...”
Itu ketawa, apa keselek sepatu?
It's okelah... pak Rudi patut gue acungin jempol...
Tapi si Brenda gue acungin jempol lima!
“Loh, yang satu lagi jempol dari mana?” (loe pikir aja ndiri!)

Masih belum selese.
Brenda masih bikin kejutan lain...
Kali ini dia bikin ulag pas ujian...
Gak kaya biasanya, kali ini gue datang ujian On Time! Biasanya sih ngaret...
Semua soal lalu dibagikan, termasuk lembaran jawabannya.
15 menit kemudian kita udah ngerjain soal dengan penuh hikmat!
Gak ada yang berani bersuara. Masih mata ujiannya pak Rudi. Kali ini gue bener-bener mati kutu.
Akutansi...akutansi... kayanya gue emang gak cocok main diakutansi, harusnya gue lebih cocok main di-aer kali yah, tepatnya diempang! Gue jadi inget ama iklannya “Ketik REG <spasi> tanggal lahir anda, kirim ke 9090” (halah...)
60 menit sudah berlalu.
Suasana masih tetep mengheningkan cipta. Tiba-tiba ada suara memecah konsentrasi kita.
“Pak, kalo sudah selesai boleh dikumpulkan?”
“Anjrit.....” kata gue dalam hati. Nih orang jenius banget. Waktu total kita 90 menit. Jadi masih ada 30 menit! Nih orang kesurupankali yang gue pikir... Semakin penasaran, gue noleh kebelakang.
“Siapa sih orang ini? Belagu banget...”
Pas gue noleh ke belakang,
Emmmh.... Brenda lagi... Brenda lagi...
Trus penjaga ujian menjawab pertanyaan Brenda tadi.
“Boleh... Sini, bisa dikumpulkan disini sekarang. Anda sudah selesai?”
“Enggak kok pak... cuma' tanya doang....!”
“Wakakakakakakakakakakak......................” kali ini orang satu aula yang sukses dikocok perutnya oleh Brenda!
Maksud loh....! Please deh...!
“Tambah gokil aja nih anak!” gue bener-bener gak habis pikir...
Cukup.
Waktunya ujian lagi.
Waktu begitu cepat, tak terasa sudah tinggal 5 menit lagi waktu ujian selese.

Penjaga : “Ayo, yang sudah, langsung dikumpulkan...!”

Nah loh...
Untung gue udah selese, jadi tenang deh.
Yang kasian Brenda.
Waktu gue tanya,
Gue      : “Udah selese Bren?”
Brenda : “Belom....”
Gue      : “Mampus loh...!” dalam hati...
Yah... gitulah Brenda. Entah apa yang terjadi selanjutnya.
Yang jelas setelah ujian smester 1 itu.
Gue langsung ngilang ke Bondowoso. Soalnya gue dapet surat panggilan kerja dari Kantor Pos.
“Dah Brenda...”
Itu kata-kata terakhir gue buat Brenda.
Gue harap suatu saat gue bisa ketemu Brenda lagi.
Tapi enggak dalam keadaan Brenda lagi di SLB... ^_^

Kenyataan terbaru yang perlu loe tau :
Ø  Setelah gue tinggal 2 tahun, sekarang Brenda adalah pengurus UKM KLOSO di Universitas gue.
Ø  Terus... dia punya sekarang udah punya usaha wiraswata di rumahnya (Muncar, Banyuwangi), diantaranya :
ü  Bisnis warnet...
ü  Bisnis pulsa...
ü  Bisnis spanduk baliho...

Brenda emang penuh kejutan.
Gak henti-hentinya dia bikin kejutan, kali ini kejutan yang positif & sangat menginspirasi!

Dan terakhir gue ketemu dia di kampus.
Dia masih tetep bikin kejutan.
“Loe datang ke kampus pake sendal Brend...!” (scara geto...!)
“Bren...bren...bren....”
“Gue gak ngerti apa yg loe pikirin, tapi yang jelas”
Elo adalah salah satu orang yang udah suskes menginspirasi gue!” ^_^

  • Share:

You Might Also Like

6 comments

  1. RIKI......
    awas y......
    tp dak pa2 deh keren ni cerpen loe....
    gw salut banget ma loe....
    padahal kita ketemu cuman 30 ment tpi loe dah isa bikinin cerpen wat gw.....
    mksih y sob cerpen ny....

    ReplyDelete
  2. Hehe...
    Thanks balik, gue gak kan bisa jadi pengarang.
    Tanpa teman2 yang baik.
    Makasih juga buat pujian & udah memotivasi gue.
    Salam sahabat, Ricky si Marmut. ^_^

    ReplyDelete
  3. jgn kalah tu ma si brenda..

    tp namax itu asli brenda ya..???

    ReplyDelete
  4. Iya, harus semangat!! :D

    Beneran, namanya Brenda! Ada kok di fb aku... hihi.

    ReplyDelete
  5. aneh bgt ya da co nmax brenda..

    lo km pny pcr,,trz km blg lg jalan ma brenda,,bisa perang dunia tu..

    ReplyDelete

Sebelum komentar, klik "Notify Me" untuk mengetahui komentar anda telah dibalas oleh saya atau pembaca blog saya.