Tabiat Setan Jam Berjalan!

By Ricky Hermawan Go - Monday, December 27, 2010





Dirumah gak ada kerjaan. Yah… setelah ujian UTS kampus libur satu minggu. Harusnya sih, pasca UTS gak ada liburan, tapi kenapa ada? Katanya sih karena lagi ada penilaian akreditasi. Tapi kalo emang itu alasannya. Ngapain juga sih harus pake libur segala? Toh, yang dinilaikankan kampusnya. Bukan dosennya. Lagian kaya orang mau ngelahirkan aja. Yang melahirkan satu, tapi yang ikutan sibuk sekeluarga. Tapi yah, sebagai mahasiswa yang baik, aku doain, smoga akreditasi S1 di kampus gue berjalan lancar, dan anak yang dilahirkan sehat walafiat dan tanpa cacat. Amin! KOK MALAH KAYA ORANG NGELAHIRKAN BENERAN?

Pasca libur UTS, gue sukses menjadi “pengacara” dadakan, alias pengangguran banyak acara.
Contohnya : nulis cerpen, nulis artikel buat blog gue, update status facebook gue,  pokoknya yang berhubungan dengan nulis deh. Tepatnya segala kegiatan nulis yang berhubungan dengan narsis dan online abis deh. (mohon jangan ditiru, contoh mahasiswa yang tidak benar).

Ada lagi pekarjaan laen yang gue lakuin, makan ,tidur, makan, tidur, mungkin naluri ini adalah akibat ketularan paham kebonisme. Adapun kegiatan penting lainnya selama liburan adalah nonton TV. Tepatnya tiap hari. Dan gak ketinggalan, kegiatan lain gue selama liburan adalah… “bernafas”. YA IYALAH DONGO!

Anyway (tolong jangan diterjemahkan : jalan Any).  Emang sih liburan itu enak. Tapi kadang kalo lagi sendirian gitu, gue jadi pengen cebet-cepet masuk kuliah lagi. Soalnya kangen temen-temen. Pengen ngelempar mukanya Arga pake sapu, nonton film ksatria baja hitam sama mas Nicky, nyolek pantatnya Dona (dia cowok, nama aslinya RomaDona, tapi itu bukan berarti gue homo). Yah… gitu deh pokoknya kalo gak masuk kuliah gak seru abis! Adapun yang kegiatan gue yang paling usil adalah ngerecokin dosen!

Terutama kalo udah ada dosen yang datangnya telat. Beeeh….! Dia akan gue kritik. (Catat : dia sasaran empuk gue). Bisa dipastikan, hampir semua dosen yang sering telat masuk ngajar dikelas gue, pasti kenal sama gue. Bukan karena gue pintar dan cerdas, tapi karena gue kharismatik (cieee….).

Tapi kok bisa? Soalnya, gue itu ibarat setan jam berjalan buat mereka!
Gimana ceritanya? Ya iyalah… orang tiap dosen telat, minimal 5menit. Gue bakal langsung nongol di samping tuh dosen. Emang sih, ini jadi sedikit mistis, tapi kalo lo liat muka gue. Lo pasti bakal setuju kalo gue mirip setan. SETANdar manusia paling keren & gaul abis… Muahahaha….! ^o^

Pernah ada suatu kasus dosen telat. Bagaimana ceritanya? Berikut cuplikannya. Check this out!

                “Pak kok masih belum masuk” gue ngelirik dosen. “Oh, iya. Sebentar ya Rick. Saya tadi lagi ada urusan.” Kemudian dosen gue ngambil tas nya , dan berjalan masuk ke ruangan gue kelas gue. Diikuti gue sebagai ajudannya. (Baca : Setan Jam Berjalan).

Besoknya itu dosen telat lagi. Keliatannya, beliau masih belom nyadar siapa gue sebenarnya! Gue bersyukur, itu berarti gue masih belom dianggap setan sepenuhnya. Lalu…

“Pak, sudah waktunya masuk” kata gue sambil ngelirik dari samping kanan beliau. “Oh, iya. Ini saya baru deteng” lalu mengambil tas, dan masuk ke ruangan kelas gue. Lagi-lagi, sambil gue ikutin dari belakang. Masih persis setan jam berjalan. Tapi lama-lama gue kesel, “Nih dosen kalo gak dijemput mau gak ngajar yah?” begitu pikir gue. “Kamu cari gara-gara terus yah! Gue masukin neraka juga lo yah!” Lalu… dosen itu tewas gue tusuk pake tombak. “Maaf pak, saya sudah kelewat kesal dengan anda, dan maaf pak, tombak ini bekas buat bersihkan tai kuda” hening sesaat… “Dan maaf pak… tongkat ini, belum sempat saya cuci.” Gue nunduk dalam sedih, sempat terfikir sih, kenapa ini harus terjadi. ”Sampai jumpa di dunia lain pak! Hahahaaaaaa…….! Uhuhu..uhuk..uhuk… (batuk)”.

 Sayangnya, kejadian ini tidak benar-benar terjadi. (Jangan tanya kenapa!)

Besoknya lagi tuh dosen telat lagi. Tapi kali ini percakapannya yang beda.

“Jebret” gue baru buka pintu masuk. Baru selangkah gue dari pintu dan bahkan gue masih belum sempet ngelirik wajah dosen gue. Terdengar suara si dosen. “Sebentar ya mas Ricky”.
It’s AMAZING! Padahal sebelumnya dosen itu gak pernah peduli nama gue siapa. Bahkan noleh gue aja dia gak sudi. Entah kenapa kali ini dia mengucapkannya seolah-olah gue adalah anaknya sendiri.  Tapi gue bersyukur dosen itu bukan bokap gue. Karena gue gak mau setelah pulang bokap asli gue tanya sama nyokap. “Sebenernya Ricky itu anak siapa sih?” (Gak banget kan?)

Ternyata dosen itu sudah paham gue mau ngapain. Mungkin karena beliau udah hafal sama apa yang bakal gue katakan setelah itu. Atau mungkin, karena beliau sudah mengakui kalo gue emang seorang setan jam berjalan…  karena  ini sudah menjadi semacam ritual buat gue, “setiap ada dosen yang telat masuk ruang kelas gue”. Dan mungkin selama seminggu ini, dosen itu sedang merasa damai di alam sana… (rumahnya) selama liburan satu minggu ini. Sedangkan ini berbanding terbalik sama gue yang udah gak sabar pengen nyiksa para dosen, yang sekarang sedang bersantai itu sebelum kembali masuk KAMPUS (baca : neraka penyiksaan gue secara verbal).

 Huahahahaaaa………. (ketawa setan) 



  • Share:

You Might Also Like

9 comments