Cerita Mahasiswa Konyol ^_^

By Ricky Hermawan Go - Sunday, November 07, 2010

Sebagai anak kuliahan yang baik dan patut diteladani, udah seharusnya kenal dengan semua dosen & punya dosen Favorit. Dan akan lebih baik kalo semua dosen kenal ama kita. Sekedar narsis, gue mantan calon mahasiswa terfavorit di Universitas gue loh! Whahaha. Tapi gue saranin dosen kenal ema elo, para dosen kenal elo, bukan karena tau semua aib loe! Misalkan kaya gue sekarang, sering mbuntutin dosen favorit gue kemana aja, termasuk ke toilet (maksudnya?). Engga k'...cuman becanda doank.
Maksud gue, pokoknya elo harus dikenal ama dosen loe karena kelebihan yang elo miliki. Ada saran jitu dari gue buat elo yang gak punya kelebihan. Tiap dateng ke kampus berjalanlah dengan lugu & kaya mahasiswa baru, yang kedua, buat mengantisipasi loe ketahun gak punya kelebihan oleh dosen loe, tiap masuk jam kuliah, jangan lupa pake topeng dinosaurus sama baju gober di isi bantal. Trus dosen loe bakal bilang ‘Eh.., ada sikomo lewat, Banyuwangi sekarang pasti jadi macet, gara-gara kamu lewat!' So pasti dosen loe gak bakal ngenalin elo! (Ya iyalah, orang loe disangkain badut!).

Gue kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Komputer. Tapi gak tau kenapa sekarang gue malah meleng bercita-cita jadi seorang penulis kaya Raditya Dika! Padahal dari singgasana tertingginya, Bill Gates udah menawarkan kursi megahnya buat gue terusin.
Oke, kembali gue berkegiatan di kampus tercinta. Hari ini pelajaran MPI (Metode Penelitian Ilmuah). Yah semacam merumuskan masalah & membuat tulisan secara ilmiah “Bagaimana Memasak Kambing Guling yang Benar”, terus dengan ajaib kaya chef Farah Queen ngambil Kambing Guling yang udah jadi daribawah meja, terus bilang ‘Ini hasilnya, heem… Nyamiy…!”. Tapi maaf, jangan salah, ini bukan class memasak atau pelajaran menjadi koki masak yang sexy kaya chef Farah. Tapi gue suka sama chef Farah Queen! (Please deh, gak jelas banget).
Dosen MPI gue namanya pak Luchman Hakim, gelarnya Doctor. Yah, mungkin dulu dia pernah 1 kelas ama Valentino Rossi kali yah. Tapi enggak k, itu cuman asumsi gue. Ya gak tau lagi sih, kalo emang bener. Tapi masa bodo ah, peduli amat. Pkoknya gitu deh! Pak Luchman orangnya lebih tinggi dari gue. Kalo berdiri agak condong kedepan kaya menara Pisa. Rambutnya agak-agak tipis didepan & tebal dibelakang, kaya hutan habis kena erosi. Yah… wajar sih, soalnya beliau adalah dosen dibidang penelitian biologi dan berfikir untuk kemajuan masa depan, jadi yang rambut kepalanya yang habis bagian depan duluan, mungkin kalo beliau dosen sejarah, mungkin botaknya dibagian belakang, soalnya selalu mempelajari pengetahuan dimasa lalu. (Emang iya?)

Pak Hakim itu orang nya lucu. Tapi gak mirip om Tukul atau om Sule. Jujur, gue ngefans banget sama beliau! Begitu liat pertama kali beliau ngajar, gue langsung jatuh cinta sama beliau. Pas beliau lagi ngajar, gue langsung keluar kampus beli bunga ditoko bunga terdekat, trus langsung balik lagi ke kelas dan ngsihin tuh bunga sambil bilang ‘I Love U pak”. (Ya enggaklah…!)
Udah lama gue pengen bareng ama pak Luchman Hakim, misalnya makan malem romantis gitu. Parah! Maksud gue, buat ngobrolin semua pengalaman selama masa hidupnya, buat sisa hidupnya gue masih belum berminat. Satu hal yang elo harus tau, Apa hal yang paling berharga dari orang yang Ahli di bidangnya? I-L-M-U nya! Ini hal yang gak bisa kamu dapetin secara mudah dan gampang Man! Gimana caranya? Pertama-tama, elo harus deket dan bisa dinilai baik oleh orang yang elo kagumi & pengen elo minta ilmunya. Kenapa harus gitu? Ya' iyalah, lo' gak mau kan kalo minta di ajarinnya setelah loe sujud-sujud kaya Harimau bisulan? Maka, loe harus nunjukin keinginan loe yang besar ama tuh orang, tapi gak dianggap rendah juga ama orang tersebut, dan perlu dicatet ilmu itu bisa lebih gampang diserap, kalo feel-nya si pemberi lagi Good! Soalnya ilmu itu gak kaya jurus yang dibisa diturunkan lewat jalan bertapa atau puasa kagak makan, kagak minum 13hari, 13 malam. Yang ada elo malah KOIT!
Apa yang gue rencanain buat bisa ngomong face 2 face ama beliau. Iya, betul! Makan-makan sambil ngopi. (Meskipun barusan gue gak tau, apa yang loe pikirin! Sok PeDe aja! Hehe) Yeah! Hari itu juga setelah selesai pelajaran, gue langsung nyamperin pak Luchman & ngajak ngopi darat. Oke, singkat cerita gue berhasil, pak Luchman setuju. Kita langsung menuju warpok, eh warkop depan kamus. Rencana 1 sukses! Setelah pesen Soto & kopi, kita langsung masuk ke pembicaraan.
Jujur, dalam pembicaraan gue puas! Gue jadi tau sejarah hidup gue, eh maksudnya pak Luchman. Beliau orang yang sangat dahsyat! Sungguh kesempatan besar gue bisa diajar langsung oleh dosen yang sukses lulus S2 & S3 di jepang dan di Belanda. Beliau sempet cerita, kalo di Jepang itu berbeda di Indonesia. Beliau sangat mengakui, kalo di jepang itu semangat orang-orangnya untuk maju itu sangat tinggi. Dan yang paling penting, mereka itu adalah orang yang focus dengan tujuan mereka. Sebagai contoh, kalo mereka, pengen jadi seorang Arsitek, merekan akan kuliah jurusan Arsitek dengan serius, bukan main-main. Jadi gak ada yang namanya masuk kuliah dengan jawaban kayak di Indonesia, kayak waktu salah satu temen kelas gue ditanya

‘Kenapa anda masuk Sekola Tinggi Ilmu Komputer ini?’
‘Eeemh..emh… kenapa yah pak?’
‘Loh, kok’ malah nanya balik?’
‘Kenapa yah…’ diem lagi sambil bengong.
‘Gak tau yah pak, tapi yang jelas temen-temen saya banyak yang masuk sini!’

Guuubraak……!!! Jawaban apaan tuh?
Setau gue, orang kuliah itu karena orang itu suka dengan bidang kuliah yang disediakan di Universitas itu! Trus, berusaha untuk sukses dibidang yang dia sukai di Universitas tersebut, dengan semua ilmu yang telah dia dapat selama dia kuliah di Universitas tersebut! Dan gak adalagi ceritanya.

‘Coba kamu jelaskan, kenapa bumi itu bulat?’
‘Whaa.. pak, tadi saya inget, sekarang tiba-tiba lupa!’ sambil garuk-garuk kepala.
‘Kamu ini, smester dulu bilangnya gak tau, smester ini bilangnya lupa!’
‘Masih kuliah aja udah lupa, apa lagi kalo lulus nanti?’
Atau mungkin bakal jadi versi laen….
‘Coba kamu jelaskan, kenapa bumi itu bulat?’
‘Soalnya kalo kotak dikira Sponge Bob pak! Wakakakak……’

Gue gak bisa bayangin kalo ini mahasiswa jadi dosen/guru kelak! Bisa-bisa murid yang diajarinya bakal lebih parah GILA daripada dia-nya!
Ibarat pepatah mengatakan, ‘Guru Kencing Berlari, Murid Kencing Diatas Genteng!

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

Sebelum komentar, klik "Notify Me" untuk mengetahui komentar anda telah dibalas oleh saya atau pembaca blog saya.