Jambu Biji Merah Muda

By Ricky Hermawan Go - Saturday, October 09, 2010




Kriiiiiiiiiiiiiiiing…………
Eits…., ring itu bukan bunyi dering telepon.
Itu suara bel pulang sekolah gue…… ^_^
Hem, kali ini adalah cerita masa kecil gue waktu sekolah di SD Mentawa Baru Hulu 4 Sampit (kota kelahiranku).
Gue adalah seorang ketua kelas yang berwibawa. Jadi tiap pulang sekolah, gue pasti yang terakhir.
“Wah bukunya Ika nih ketinggalan! Ah, gue bawa aja, sekalian pulang ke rumah nenek, untung pulangnya searah!” (walaupun dalam cerita ini akhirnya gue lupa ngembaliin tuh buku).
Waktu gue kecil, tiap pulang sekolah gue selalu pulang kerumahnya nenek & kakek gue. Maklumlah, kedua ortu gue kerja, Abah adalah seorang pegawai BUMN, dan Mamah seorang pegawai PNS. Jadi gue hanya sebatang kara didunia ini….tapi cuma waktu pulang sekolah doank ko’. Kedua ortu ku itu pulang kantornya pasti sore terus, karna sekolahku dekat dengan rumah kakek nenek jadi pulangnya bisa jalan kaki aja. Untungnya gue ini anak yang mandiri, jadi bisa pulang sendiri! Heh, Ricky….Sang ketua kelas!
Hari ini adalah hari yang cerah, yah…. Seperti anak2 SD kelas 4 yang lainnya.
Yang pertama gue pikirkan saat pulang sekolah adalah Rencana untuk mengisi kehidupan yang indah ini dengan bermain. Hehehe….
“Udin, Eko, pulan bareng yuk?” ajakku.
“Ayo!” sahut mereka berbarengan.
Sekali lagi gue katakan, hari itu benar2 cerah. Sampe2 gue gak tau kesialan apa yang bakal menimpa gue saat itu.
Perjalanan pulang gue begitu menyenangkan, bersama kedua orang sahabat gue yg imut2, item mutlak.
Udin adalah seorang anak keturunan suku Madura.
Eko keturunan suku Jawa, sedangkan gue keturunan suku Banjar.
Nah, ini namanya “Bhineka Tunggal Ika” berbeda-beda tetap satu jua.
Andai saja semua rakyat Indonesia meniru persahabatan kami, gue rasa gak akan ada yang namanya perang antar suku seperti yang banyak terjadi belakangan ini.
Perjalanan kami begitu tenang, sampe akhirnya langkah kaki kami berhenti karna sebuah perintah komando!
“Stop! Berhenti semuanya!” teriak Eko tiba-tiba.
Seperti pasukan Paskibra, gue dan udin langsung berhenti mendadak, cuma kaya’ nya rem kaki gue udah blong.
“Uuuh!” gue menabrak udin yang berada di depanku.
“Ada apa sih ko? Tiba-tiba nyuruh berhenti mendadak gitu!” sambil meminta maaf sama Udin.
“Tuh di liat!” jari telunjuknya menuding dengan mantap Jambu biji di pekarangan orang.
“Wah…. Udah mateng tuh!” komentar Udin sambil ngelapin bibir atasnya pake lidah.
“Yeah….sasaran empuk!” kata Eko dengan pasti.
“Hus….., gak boleh! Kata Mamahku, mencuri itu dosa loh….!” Larangku.
“Ricky….kita gak nyuri, kita minta. Cuma masalahnya mau pamit sama yg punya, orangnya gak ada. Jadi kita gak nyuri, dan gak dosa…” Jelas Eko dengan meyakinkan.
“Eeemh…. Gitu yah?” kataku sambil mengangguk pertanda sudah mengerti. Padahal aslinya gua dikubulin, karna ortu gue belom sempet bilang, kalo minta buah punya orang tanpa seijin pemiliknya yang lagi gak ada, tetep aja dosa!
Oke…..bisa loe tebak apa yang terjadi kemudian, sekumpulan anak SD yang tadinya manis-manis, sekarang bukanlah anak yang lugu lagi. Karna sekarang mereka sedang merencanakan strategi buat nyikat jambu Orang, tentunya tidak termasuk gue yang masih berfikiran kalo perbuatan itu gak dosa dan sah-sah aja, karna pemiliknya lagi gak ada.
Eko adalah seorang pemimpin pasukan yang tegas berbadan tinggi.
Udin adalah pembuat rencana yang baik dan badannya yang paling besar diantara kami.
Sedangkan gue, adalah pasukan yang badannya paling kecil dan lincah.
Nah loh, kebayang gak formasi apa yang bakal kita buat untuk strategi ini?
Beberapa saat kemudian kita udah siap dengan rencana yang rapi dan mantap!
“Oke, siap!” tanya Eko.
“Oke siap!” jawabku dan Udin kompak.
“1….2….3….!” aba-aba Eko sudah dimulai. Sekarang saatnya Action kami!
“Hiat…….!” Teriak kami barengan!
Gue yang kecil & lincah ini naik ke tangannya Udin yang berbadan gede.
Pas posisi gue udah sip, Udin langsung mendorong kaki gue ke atas.
Begitu mencapai ketinggian yang udah diperhitungkan, si Eko langsung mendorong pantat gue!
“Huuufh……ayo Rick….cepetan…..kamu bisa…..!” Eko memberi semangat!
“Oke bang….. Uuuuuh…..tinggal dikit lagi nih…..” sahutku.
“Haaaaa’…..! Kena bang” teriakku. Di ikuti teriakan kegirangan dua anggota tim gue tadi.
Akhirnya tuh pohon jambu berhasil gue panjat, dan setelah itu saatnya show time......!
“Nah, ayo Rick! Mana bagianku?” teriak Udin yang dah gak sabar.
Yah…. Dari raut wajahnya aja gua dah ngerti, kalo diantara kita bertiga, yang paling berhasrat sama jambu biji ini ya si Udin! Dari awal aja dia kok yang paling semangat! Mungkin karna badannya yang paling gede itu kali yah, makanya nafsu makannya adalah yang paling tinggi diantara kita bertiga! Sampe-sampe tuh muka dah mupeng banget.....
“Nih din, tangkep!”
“Huup….! Dapet!” tanpa pikir panjang dia langsung masukin tu jambu biji ke dalam tas nya. Takut hasil kerja kerasnya itu dicolong orang kali yah…..!
Padahal yang ada saat itu cuma kita bertiga doank!
Sekarang gilirang si Eko yang nagih ama gue...
“Rick! Punya ku yang paling gede & udah masak yah! Soalnya kan Gue yang paling pertama liat!”
Hah, masak? Loe pikir capcay udah masak? Mateng kale...... Tapi kalo ada yang berfikiran dua hal itu sama aja, berarti kesalahan ada pada gue!
“Yoi ko….! Nih tangkep!”
“Siiiip! Huuf! Thanks Rick!”
Nah….sekarang gilirang gue donk! Scara….gue yang berkuasa di pohon ini! Hahaha……
“Nie dia incaranku….! Hahaha……!”
Tapi kebahagiaan gue itu tidak bertahan lama!
“Eh…eh….eh….eeeeeh…..! Siapa itu! Ngapai di atas situ………! Hayo!!! Turun kamu! Turun……!!!
Maling kamu yah……Maling kamu……!!! Cepetan turun kamu!!!”
Gila……….!!! Itu ibu2 yang punya nie rumah! Sial banget gua! Tu ibu2 bener marah cuy….. Gue udah dibawain sapu kayu! Sambil dia tepuk-tepukin tu sapu ketangan, matanya melotot kayak mau keluar kedua-duanya!
“Iya-iya bu’, ampun bu…….!” Teriakku sambil kebingunggan, scara gua masih diatas pu’un….. gimana caranya turun?? Tinggi banget………!!!
“Ayo Rick……”
“Lari Rick……”
“Kabur………!!”
“Loncat aja Rick….!”
“Ayo cepetan…….!!” Tariak Eko dan Udin.
Buset tu orang dua! Yang bener aja napa…..?
Enak aja nyuruh turun-turun, loncat-loncat….!
Dengan ketinggian segini, lok gua loncat, udak pasti dua telur di kantong menyan gue bakal pecah….! Oh tuhan….. pasti rasanya sakit baget!
“Ayo Ricky…….!!! Cepetan…….!!!”
“Heeeeeh……, ayo kamu turun, kecil-kecil udah pinter maling! Udah gede mau jadi apa kamu??!”
OH….SHIT! PLAESE SHUT YOUR HELL UP!!!
Gue heran ama orang-orang di bawah ini, gak temen seperjuangan, gak musuh!
Sekarang malah satu tujuan! Nyuruh gua cepetan turun......! Gak tau apa sekarang nyawa gua antara hidup dan mati!
Tapi gua pikir-pikir, ngapain juga…..lama-lama diatas pohon kayak gini?
Udah kayak Sun-gokong aja rasanya!
Setelah komat-kamit doa gak jelas gitu, gua langsung terjun ajah!
Trus, jatuh ditumpukan ratusan kagebushin gitu, wah......rasanya empuk banget! Gak k, itu sih kalo cerita ending nya Naruto!
Kalo versinya gua mah ancur Gila…..!
Bayangin aja waktu gua mau loncat, na’as banget, kaki kiri gue kejepit di percabangan pohon, otomatis gue jadi gelantungan gak jelas dengan kaki kiri kejepit diatas dengan posisi kepala menghadap ke bawah.
Damn, k’ gak keren banget nie gaya!
Padahal bayangan gue, pengennya mendarat tepat dengan dua kaki setelah salto kedepan 1x ala pe-smackdown Jeff Hardy!
Sayang nasib berkata lain! T_T
Hidup emang kejam! Mau apa lagi…..?
Ya gua teriak aja “Tolong….tolong…tolong….!”
“Rick, ngapain kamu?”
Dasar pasukan sotoy…..! Mereka pake nanya lagi! Udah jelas-jelas gua nyangsang gini. Eh, masih ditanyain, emang gua keliatan lagi naik kuda apa? Yiiiha…….!!!
“Udin, Eko, tolongin akuuuuu……..! Waaaa……!”
Pas gue lagi teriak gitu. Eh, tiba-tiba kaki kiri gue terlepas dari cabang pohon!
DUUUAKKKK…….!!!! Kepala gua kebentur Sebiji Batu Guuuuede…..!!!
Astaga…… gua langsung puyeng, ambruk dengan posisi yg gak wenak banget & gak bisa gerak sedikit pun! Nah, disitu gue bener-bener pasrah ama tuh ibu-ibu!
Terserah deh gua mau diapain, asal gak di masukin penjara aja pikir gua saat itu!
Untungnya gue punya sahabat yg bener-bener sejati. Udin dan Eko balik lagi buat nyelametin gue, mereka langsung lari ke arah gue, mereka berhasil menghindari ribuan tembakan peluru musuh, yang paling Hero adalah Eko, saat Udin memegangi kedua lengan di bagian bahu gue tiba, ada sebuah granat melayang kearah kita. Dengan sigap Eko memukulnya dengan senapan laras panjang!
“TRANG….. “ granat itu langsung melayang dan meledak di udara. “DUUUARR…!!!”
Lalu bergegas Eko memegangi kaki gue dan menggotong gue bareng Udin!
Ehem…ehem….. maaf, sebenernya cerita diatas terlalu berlebihan.
Padahal kenyataannya simple aja, Eko dan Udin langsung datang ngehampirin gue, trus mapah gue lalu kita betiga pake jurus Langkah kaki seribu, dan ngibrit gak karuan……! Hahaha…. ^_^
Dari kejadian itu, gua ambil hikmahnya aja, setelah kepala gua kebentur batu gede!
Gua jadi sadar tentang beberapa hal :
  • Ternyata jadi pemain sirkus itu gak gampang & sakit banget!
  • Gua juga sadar kalo ternyata Eko & Udin itu emang sahabat sejati gua, dalam susah & senang, meskipun kesusahan itu mereka yang bikin dengan ide-ide gila mereka!
  • Setidaknya dari kejadian itu dua telur kramat gue masih utuh ampe sekarang!
  • Dan yang terakhir, sejak saat itu gua gak pernah nyolong buah-buahan punya orang (yang pohonnya tinggi). ^_^
Tapi tunggu dulu! “ANCRIT….!”
Dari semua cerita panjang diatas, akhirnya cuma gue yang gak kebagian buah Jambu Biji Merah Muda…..! T_T

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Sebelum komentar, klik "Notify Me" untuk mengetahui komentar anda telah dibalas oleh saya atau pembaca blog saya.