Belajar sepeda, itu kutukan...!

By Ricky Hermawan Go - Wednesday, October 13, 2010




Berawal dari ke kurang kerjaan gue, cerita ini berawal.
Hari itu sangat ngebosenin banget, sampe-sampe gue yang gak pernah baca Koran, ngambil 1 dari tumpukan Koran di rumah gue. Gak pake pilih-pilih lagi!
Gue baca salah satu berita.
“Sekarang ini di Banyuwangi kayaknya udah terjangkit virus musiman dari kota-kota sekitarnya. Bondowoso, Situbondo, Jember, Lumajang, Malang, Surabaya, dan lain-lain.”
Gue gak tau apa yang membuat virus ini berkembang dengan cepat!
Tapi asal loe tau, penggemar virus ini banyak banget, bayangin aja sampe-sampe kota besar juga ikut ketularan. Malah yang bikin gue kaget, sampe-sampe ada yang mendirikan grup, pekumpulan, dan persatuan.
Dan gak menutup kemungkinan bakal ada yang mendirikan fans club nya juga kali yah!
Konon katanya virus ini bisa menyerang semua usia!
Dari bayi, balita, anak-anak, ABG, orang dewasa, bahkan kakek-kakek dan nenek-nenek.
Kecuali orang yang udah meninggal & makhluk gaib…
Gue kaget banget, nie virus ternyata dahsyat banget, sampe-sampe menyerangnya tidak pandang bulu, usia, dan jenis kelamin, kecuali bulu ketek.
Sampe pada tahap penasaran gue yang paling gede banget, akhirnya gue mulai menyelidiki nie kasus penyakit yang menjangkiti kota gue.
Akhirnya gue baca tu Koran sampe kelar, dan gue bikin satu kesimpulan.
Tu virus ternyata bukan virus biasa, karna bisa bikin badan kita sehat & mengurangi polusi asap kendaraan di kota, tidak terkecuali juga dengan kota Banyuwangi (kota gue tuh). Oh iya, dari tadi gue lupa bilang kalo sebenernya virus ini bukan semacam penyakit, tapi lebih pantes bila dibilang sebagai hobi…

“Loe suka juga gak?”
Sory, simpen aja pertanyaan itu buat loe jawab nanti, karna gue masih belom bilang sebenernya ini virus apa. Jadi pasti loe juga gak bakal bingung mau jawab apa!
(GJ banget yah? ^_^) Hehehe….
Ini bukan virus…. (gue kasi tau lagi).
Tapi hobi…. (gue ulangi lagi).
Virus ini adalah…. (nah…,nie gue baru mau bilang).
Olah raga bersepeda / fun bike. (Ini loh yang mau gue certain dari tadi…. ^_^ ).
Fun bike adalah olahraga yang menyenangkan, namanya aja Fun (menyenangkan).
Yeah, gua juga suka hoby ini. Tapi sayangnya sekarang gue gak bisa ikutan & unjuk gigi.
Karna sepeda gue satu-satunya udah gak berbentuk setelah dipake ama Dimas (ade gue satu-satunya di dunia ini). Gak tau gimana caranya dia pake, yang jelas tuh rem sepeda udah blong depan belakang, kalo bisa di pake buat ngerem pasti bakal bunyi dulu, kaya orang kentut dut…dut…dut…. Bikin ifleel banget gak menurut loe?
Gue curiga kalo Dimas pernah ikutan lomba Moto GP pake sepeda gue itu.
Bisa aja bodynya motor balap GP, tapi rangkanya sepeda gue itu.
Trus dia pake sampe kecepatan 301km/h, lalu dibeke buat ngeram mendadak berkali-kali!
Makanya rem sepeda gue sampe blong gitu jadinya! Bagi loe yang kaga percaya cerita gue tadi, berarti loe waras, karna kejadian bener-bener gak mungkin terjadi!
Kebayang aja gue lok pake tuh sepeda. Terus, ditengah gue lagi ikut nge-fun bike gitu, bareng club-club seantero Jawa Timur. Nah…., tiba-tiba pemimpin rute perjalanan yang paling depan ngasi ada aba-aba berhenti mendadak karna ada nenek-nenek umur 65tahun keatas, tapi gak tau maksudnya keatas mana. Lagi lewat mau nyebrang sebenernya tuh nenek-nenek yang salah, soalnya gak nyebrang lewat zebra cross, (zebra = hewan, cross = silang, kalo diterjemahin, zebra cross = zabra silang).
Karna pimpinan rombongan takut kita-kita takut kualat ama tuh nenek-nenek, jadi terpaksa kita semua yang STOP. Masih dalam bayangan gue nih, sekarang sepeda-sepeda pada canggih semua, rem yang dulunya dari karet sekarang udah ada yang cakram, bisa-bisa tahun depan ada yang versi rem angin, kalo berhenti bunyi ceeeeesss.......(keren….!).
Sedangkan kalo dibandingkan ama sepeda gue yang udah gak berbentuk plus rem nya hak pakem gimana jadinya?
Saat semua sepeda berhenti mendadak barengan, cuma 1 sepeda yang masih jalan sambil di rem sekuat tenaga, nah….itu sepeda gue, udah gitu berisik banget lagi bunyi dut…dut…duuuuut….. dan setelah itu disusul dengan bunyi GUBRAK…..! Terus pantat sepeda di depannya diciumin satu persatu ama sepeda gue. Gimana gak ancur coba…! Mau ditaroh dimana nama besar gue sebagai Penulis muda berbakat? (sekarang sih belum tapi mudah-mudahan gak lama lagi…! hehe... ^_^)
Makanya……., itulah alesan gue gak bisa ikutan acara-acara fun bike itu sampe sekarang, padalah sih aslinya pengen banget ikut!
Kalo ngomongin masalah sepeda, gue jadi inget sejarah pertama kali gue belajar naik sepeda. Waktu itu gue masih kecil, imut & menggemaskan (kata nyokap gue). Gue inget waktu punya sepeda pertama kali, sepeda pertama gue roda tiga. Gue suka banget naek sepeda, sampe-sampe ngapain aja di sepeda, makan disepeda, minum di sepeda, ganti baju di sepeda, bahkan pipis pun di sepeda….(kasian sepeda gue, sebenernya dialah korban kekejaman gue waktu masih kecil).
Beranjak gede, setelah masuk SD gue dibeli’in sepeda baru roda empat, sebenarnya ini sepeda roda dua, karna masih belum bisa pakenya, jadi dikasi roda pembantu, makanya rodanya ada empat. Kalo sama yang ini gue juga sayang banget sama ini sepeda. Pernah sampe suatu hari gue juga mandi bareng sepeda, maksudnya ikutan mandi waktu lagi bersihin sepeda ^_^. Di hari minggu yang santai, ortu gue lagi pada libur kerja, itu pasti…!
Nah, pencetus ide mencopot roda pembantu sepeda gue itu adalah nyokap. Sedangkan yang ngejarin belajarnya adalah abah. Abah adalah guru sepeda yang sabar, dia ngikuti gue dari belakang sambil megangi sadel sepeda gue. Bolak-balik…..bolak-balik…..abahku tetep sabar megangin tuh sadel. Sampe-same kita itu kayak induk dan anak bebek, cuman kebalik…., kemana gue pergi, abah mengikuti…
Trus…dan terus begitu…, sampe akhirnya gue udah mulai bisa menjaga keseimbangan, tapi karna sepedanya tinggi, yang jadi masalah adalah saat turun sepeda waktu mau berhenti. Setiap mau turun dari sepeda gua harus loncat dulu sambil megangin tuh sepeda. Udah kaya pemain sirkus aja!
Belajar kembali diturusin. Kali ini abah masih megangin sadelku waktu mau naik sepeda. Saat udah naik trus ku pancal, abah masih megangin, dan aku masih tetep konsisten memancal sepeda….
Eh, pas lagi khusuk memancal sepeda, tiba-tiba di depanku ada se’ekor sepeda motor berkaki dua! Spontan aja gua liat kebelakang, maksudnya mau nyuruh abah berhenti’in sepeda.
Begitu aku liat kebelakang, Anjriiiit…..! Abah ada jauh….banget dibelakang!
Ternyata dari tadi sadelku tuh udah gak ditahan sama abah. Trus, dari jauh abah teriak-teriak….!
“Tarik remnya….tarik remnya…..!”
Sepanjang gue belajar sepeda, gue masih belum sampe ke tahap narik rem!
Waktu  gue tarik tuas remnya ke belakang, bukannya stop, malah stang sepedanya yang belok kekanan. Jujur gua selamat dari tabrakan motor saat itu! Tapi gua gak selamat dari selokan got gang di depan rumah gue!
“BYUUUUUUUUUUUUR……….!!!”
Tebak ajah, sudah pasti gue nyemplung di got donk!
Masalahnya saat itu got nya dalam banget! Tapi beberapa detik kemudian gue udah akrab banget ama tuh got dan kecipluk-kecipluk gak karuan di dalamnya, dan asal loe tau, saat-saat itu adalah sejarah pertama kali gue belajar renang dalam hidup gue. Na’as……! Sampe sekarang gue tetep gak bisa renang, trauma masa kecil kali yah! ^_^
Akhirnya abah datang nolong gue, dan pelajaran bersepeda gua untuk hari itu berakhir sudah. Hari itu bener-bener berakhir yang bahagia, abahku pulang kerumah sambil tertawa terbahak-bahak, tangannya yang kanan menggandeng tanganku yang masih nangis keras-keras gak karuan huaaaa.....huaaa…..huaaaaaaaaa....., dan tangannya yang kiri nuntun sepedaku yang basah dan bercelumur lumpur, korban dari kekejamanku waktu kecil.
Setelah SD nyokap gue ngelahirin lagi, dan sejak saat itu gue punya seorang adek didunia ini, namanya Dimas Prayoga.
Dia juga suka naik sepeda, dan waktu belajar naik sepeda.
Eh, Dimas juga sempet ngungsep di got yang sama. Sampe akhirnya gua tahu sebuah fakta yang mengejutkan! Waktu nyokap cerita masa kecilnya, nyokap gue juga pernah masuk got waktu pertama kali belajar naik sepeda.
Cuman bedanya masuk pada got yang berbeda dangan gue & Dimas.
Akhirnya dari situ gue bikin satu kesimpulan, ternyata dalam keluarga gue, anak-anaknya nyokap harus melewati semacam ritual konyol harus masuk got dulu, sebelum akhirnya lihai naik sepeda!  ^_^

  • Share:

You Might Also Like

4 comments

Sebelum komentar, klik "Notify Me" untuk mengetahui komentar anda telah dibalas oleh saya atau pembaca blog saya.