Founder Linuxtec.net - Sosok Muda dan Inspiratif

By Ricky Hermawan Go - Saturday, February 06, 2016




Dari beberapa postingan saya yang lalu, saya sangat antusias menyukai open source, kemudahan dan fasilitas yang mereka tawarkan. Komunitas yang besar, saling berbagi tanpa menuntut imbalan yang besar, dan bersama membangun tekhnologi informasi untuk masa depan, betapa kerennya open source.

Nah, kali ini saya ingin mengenalkan pada anda para pembaca blog saya. Dia adalah seorang anak muda yang memiliki inisiatif untuk mengajak sebanyak-banyaknya orang untuk mencoba dan menggunakan Linux dan aplikasi open source. Jika anak seusianya, sering kita temukan dengan status galau di beranda facebook-nya, tapi ini berbeda. Dia menyebarkan informasi lewat situs websitenya dan membagikan e-book bermanfaat. Tanpa pamrih dan patut menjadi contoh bagi generasi muda Indonesia kedepannya. Siapakah dia, langsung saja kita berbincang-bincang dengannya.  

T : Halo Yuga, apa kabar? Nama lengkap kamu siapa sih? Usia kamu saat wawancara ini berapa tahun?
J : Halo juga :) alhamdulillah saya baik. Perkenalkan nama saya "Muhammad Yuga Nugraha", dan saat ini usia saya 16 tahun.

T : Open source itu apa sih?

J : Open source dapat diartikan sebagai sumber terbuka yang mempunyai lisensi yaitu GPL (GNU General Public License) dengan adanya lisensi tersebut kita memiliki kebabasan untuk memodifikasi software tersebut misalnya software yang sangat terkenal didunia animasi yaitu Blender, software tersebut memiliki banyak addons yang dapat dipakai oleh siapapun, addons tersebut juga dibuat oleh para developer yang menyukai dunia Open Source dan juga ditujukan untuk mempermudah penggunanya menggunakan software tersebut.

T : Seberapa suka kamu dengan open source?

J : Saya mulai menyukai open source semejak saya mengenal Linux, karena Linux Open Source dan pada Linux tersebut banyak sekali aplikasi-aplikasi yang tidak memerlukan biaya untuk membelinya, saya berharap kedepannya Linux akan lebih banyak dikembangkan dan menyaingi pengguna Windows.

T : Saat ini open source apa saja yang kamu minati dan kuasai?
J : Yang sedang saya gunakan sekarang adalah Scribus, Inkscape, Blender, dan Notepadqq.

T : Dari beberapa open source tersebut, coba ceritain apa sih manfaat dan kegunaannya?
J :  Diantaranya sebagai berikut : 
  • Scribus saya pakai untuk membuat ebook ataupun majalah untuk sekolah saya.
  • Inkscape saya gunakan sebagai pembuatan design cover ebook dan juga hobi saya untuk menyalurkan imaginasi saya pada Inkscape.
  • Blender saya pakai untuk modelling animasi dan juga logo 3D, saya sangat tertarik dalam hal modelling pada Blender karena membuat saya rileks dan menyalurkan imajinasi saya untuk membuat suatu objek.
  • Notepadqq sebagai salah satu alternatif untuk meng-coding di Linux,tampilannya mirip seperti notepad++, saya gunakan untuk mempelajari bahasa pemrograman HTML, CSS, PHP.

T : Apa kelebihan open source, dibanding aplikasi berbayar?
J : Kelebihannya kita lebih leluasa menggunakannya karena merupakan software yang free dan juga open source, kita dapat mengembangkan aplikasi-aplikasi tersebut karena merupakan software open source yang mempunyai lisensi GPL yang ditujukan untuk kebebasan perangkat lunak.

T : Bagaimana pendapat kamu tentang perkembangan dunia open source dimasa yang akan datang?
J : Menurut saya sekarang sudah banyak juga para developer mengembangkan software open source karen lisensi GPL tadi, jadi para pengguna yang merupakan developer merasakan menggunakan software open source tersebut minim dan akhirnya developer tersebut membuat inovasi baru dengan munculnya aplikasi open source ataupun inovasi mengembangkan software open source yang sudah ada.

T : Project apa saja sih yang sedang kamu kerjakan saat ini?
J : Project yang sedang saya kerjakan sekarang yaitu web Linuxtec.net yang bertujuan untuk menyebarkan informasi mengenai dunia seputar Linux

T : Ceritakan secara singkat tentang Linux.net, mulai dari sejak pertama kamu belum mengenal linux dan open source, hingga kamu mulai tertarik dan mendapatkan ide untuk membangun Linuxtec.net
J : Dulu sebelum saya mengenal Linux saya merasa kesal menggunakan Windows yang selalu "Bluescreen of Death" dan saat itu juga saya mulai melihat beberapa orang menggunakan Linux dan saya pun merasa penasaran, mulai saat itu saya coba menggunakan Ubuntu yang merupakan distro terkenal didunia, penggunanya yang banyak dan begitu pula komunitasnya. Setelah beberapa bulan saya mencoba Ubuntu akhirnya saya mendapatkan ide untuk membuat website Linuxtec.net yang ditujukan untuk menginformasikan dunia seputar Linux dan FOSS.

T : Kapan kamu membangun Linuxtec.net, dan saat itu umur kamu berapa tahun?
J : Saya membangun Linuxtec.net sejak 1 Januari 2016 saat dan saat itu umur saya masih 15 tahun.

T : Apa sih tujuan kamu membangun Linuxtec.net dan membuat ebook tentang open source? Dan apa visi dan misinya?
J : Saya bertujuan untuk membagikan ilmu yang saya dapatkan di dunia Linux kepada orang orang di Indonesia, saya membuat e-book karena saya memikirkan bahwa seseorang yang merasa kesulitan dalam menggunakan suatu software ataupun sistem operasi harus mencari di internet bagaimana cara menggunakannya, dengan e-book yang saya buat, saya berharap orang orang yang merasa kesulitan atau yang belum mengenal teknologi, dapat mendownload ebook yang saya buat agar tidak perlu men-searching bagaimana cara menggunakan software tersebut atau sistem operasi, karena e-book dapat dibuka kapan saja dan dimana saja.

T : Seberapa optimis kamu dengan manfaat yang akan diberikan oleh Linuxtec.net?
J : Saya beroptimis suatu saat nanti web yang saya buat akan menjadi website yang terkenal dan dikenal oleh para pengguna Linux dan juga dapat memberi manfaat kepada pembaca.

T : Apa yang kamu harapakan padahal kamu melakukan semua ini tanpa bayaran sepeserpun?
J : Saya mengharapkan para pengguna Linux ataupun masyarakat Indonesia bisa menggunakan software yang free dan open source dan juga tidak tertinggal dalam hal teknologi yang saat ini sampai kedepannya terus berkembang, dengan cara membagikan ilmu yang saya dapatkan.

T : Apa yang ingin kamu sampaikan pada orang-orang yang belum mengenal Linux dan open source?
J : Yang ingin saya sampaikan kepada orang-orang yang belum mengenal Linux dan Open Source adalah bacalah terlebih dahulu mengenai Linux agar tidak merasa kebingungan setelah memasuki dunia Linux dan Open Source, setelah kalian mencobanya kalian akan merasakan manfaat yang sangat luar biasa dibandingkan saat kalian menggunakan Windows.

T : Kenapa orang-orang yang belum mengenal Linux dan open source, harus mencobanya?
J : Seperti kata pepatah "Cobalah terlebih dahulu, jangan bilang tidak suka jika belum mencobanya". Dengan mencoba Linux,pengetahuan akan lebih luas lagi dan diharapkan menambah wawasan teman teman sekalian mengenai dunia Free software dan Open Source, selain itu dengan memasuki forum tertentu, kita akan mendapatkan banyak teman dan juga informasi yang lebih banyak lagi. Dan menjadikan kita untuk mempunyai budaya membaca. Sebagai waga Indonesia kita jangan mau kalah dengan bangsa lain yang memiliki teknologi maju dan siapapun orang yang sudah mendapatkan ilmu dari luar negeri juga dapat men-share ilmunya.

Oke, terima kasih Yuga, sudah menjadi tokoh inspirasi blog saya kali ini, semoga semakin banyak orang yang tertarik dengan open source dan menambah jumlah pengguna dalam komunitas open source. Dan semoga pembaca Linuxtec.net semakin banyak, terus konsisten memposting ilmu dan berita seputar linux dan open source, serta semakin memberikan banyak manfaat kepada seluruh pembacanya. Amin!
"Muhammad Yuga Nugraha"

Demikianlah bincang-bincang saya dengan Yuga, sosok muda inspiratif pilihan saya kali ini. Tidak hanya muda, dia juga mempunya misi mulia dan tanpa pamrih, salah satu "Indonesia Muda" yang akan menjadi penerus generasi sebelumnya, termasuk saya pribadi yang memiliki visi sama dengan blog tanpa pamrih ini. Kalau bukan kita yang memulai 1 gerakan perubahan demi kebaikan masa depan, lalu kita menunggu siapa untuk memulai, dalam hidup kita punya dua pilihan "Menjadi yang memulai, atau menjadi pengikut?"


Lakukan gerakan positif anda sekarang juga, jangan menunggu orang lain untuk jadi lebih baik.
Ikuti wawancara saya dengan tokoh inspiratif lainnya di blog ini.
Teruslah berfikir positif, dan tetap semangat...!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Sebelum komentar, klik "Notify Me" untuk mengetahui komentar anda telah dibalas oleh saya atau pembaca blog saya.