Cara ngilangin males (Penulis)

By Ricky Hermawan Go - Monday, February 13, 2012




        Sudah beberapa bulan ini aku fakum bikin cerita. Entah kenapa, meskipun kenyataanya kegiatanku sekarang emang padat, ngajar sekaligus kuliah. Tapi sebenernya ada hal yang lebih masuk akal untuk dikatakan sebagai alasan utama aku. Yaitu "Males". Memang aku sadari, selama ini semua kagiatan aku itu cuman jadi alasan aku doang... Secara harafiah, aku menjadikan "kesibukan aku" sebagai tameng, untuk menyatakan penolakan terhadap keinginan untuk menulis.

       Well... Tapi gak dapat dipungkiri, "males" itu, memang penyakit utama semua penulis. Gak pemula, gak yang udah profesional, kalo udah males, buyar deh! Nah, salah satu cara mengatasi penyakit ini, adalah dengan "Niat yang kuat"! Kalo enggak, penulis manapun gak bakal bisa nerusin "tulisannya". Kalo gak percaya, coba aja tanya sama "Radiya Dika, Dewi Lestari, Olie, Ricky Hermawan, dan penulis2 senior lainnya". *kalo kamu bisa ketemu sama mereka sih. oia, ntar kalo udah ketemu, sekalian titip salam dari aku yah...!

       Trus, aku punya jurus jitu lainnya nih, udah punya niat yang kuat atau belum, beberapa jurus berikut ini akan tetap ampuh dan sangat membantu.  Key, ini dia jurus-jurus andalan aku itu!
  1. Baca buku orang lain, genrenya terserah, yang penting kamu suka. (Dengan begitu, kamu bakal terpancing buat menulis lagi, dan nyelesein tulisan kamu)
  2. Cari film yang bagus dan sesuai dengan cerita kamu. (Hal ini akan memancing naluri menulis kamu, dan menarik inspirasi kamu. Asal jangan jadi plagiat)
  3. Berkumpul-lah dengan teman-teman yang suka nulis. (Selain bisa sharing, kamu juga akan ikut tertarik buat menulis)
  4. Hadiri acara atau seminar-seminar menulis. (Disitu kamu akan dapat banyak ide dan pengalaman baru dari si pembicara)
  5. Sering-seringlah datang ke toko buku. "Bayangkan buku kamu ada diantara rak buku itu!" (Berdoalah, supaya supaya karya kamu segera terwujud dan bakal jadi buku "Best seller!")
       Ada yang percaya atau enggak.... yang jelas hal itu gak bakal ngerugiin aku. Tapi yang pasti kalo ada yang nyoba trus berhasil, ini pahala buat aku... Hehe. Ini sebenernya "rahasia pribadi aku" tapi kali ini aku bongkar secara cuma-cuma. Aku anggap ini adalah salah satu usaha aku buat berbagi, dan mengajak teman-teman yang lain untuk "Gemar Menulis"!

Let's be writter guys! Thanks udah baca blog aku, keep spirit & share your smile everyday!  

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Sebelum komentar, klik "Notify Me" untuk mengetahui komentar anda telah dibalas oleh saya atau pembaca blog saya.