Bertahan dengan Nokia dengan OS Symbian-nya, ditengah gempuran gempuran OS IPhone, Blackberry, dan Android. Yang gila-gilaan...!

By Ricky Hermawan Go - Friday, October 28, 2011





            Aku mungkin satu dari beberapa orang yang masih bertahan / setia dengan Nokia yang OS (Operating System – Sistem Operasi)-nya masih berbasis Symbian. Walaupun dipasaran sekarang ini tengah dalam gempuran OS tandingan yang lagi naik pamor Brand-nya, dan sudah memasuki tekhnologi touch screen (layar sentuh). Diantaranya ada IPhone yang mungkin sekarang sedang booming versi bla...bla...bla...( , ) bla...bla...bla... berapalah itu pokoknya. J Lalu ada juga Blackberry yang lagi ngetrend dengan kombinasi antara touchscreen dan qwerty, dan beberapa fitur utamanya dalam layanan social network-nya. Lalu Android yang basisnya malah lebih gila, licensi OS-nya free...(gratis!). Jadi orang yang beli HP berbasis android, cuman bayar harga HP-nya doank, sedangkan harga OS-nya gratis! Utamanya juga didongkrak banget popularitasnya, gara-gara sering muncul dalam HP yang digunakan oleh pemain film korea yang sekarang lagi digandrungi remaja-remaja Indonesia. J *katanya kalo pake HP yang berbasis android, serasa jadi selebriti korea! Hahaha...


Tapi...aku gak gentar dengan gempuran-gempuran itu...! Haha... J *karena aku juga punya beberapa senjata rahasia dengan OS Symbian bawaan Nokia. Diantaranya beberapa fitur yang mungkin gak semua orang yang pernah pake nokia, tau. J

Nih yah, beberapa kelebihannya yang jarang orang tau adalah :
1.      Fitur copy-paste (salin-tampilkan), layaknya fitur komputer.
2.      Screen shot (menjiplak tampilan layar HP yang lagi kita liat, dan menjadikannya gambar dengan format JPG/foto).
3.      Short cut (tiap tumbol punya fungsi-fungsi ganda, diantaranya sebagai jalan pintas.)

Untuk sementara, itu deh yang aku anggap unggul dan gak bisa dilakukan oleh HP berbasis touch screen. Soalnya kalo HP touch screen kan cuman bisa menampilkan aplikasi/fitur yang iconnya disentuh oleh si pengguna, beda dengan HP yang tombolnya masih tombol pencet. Hehe... J

Oke... gak bakal banyak omong lagi deh...! Sekarang aku mau bongkar beberapa fitur andalan HP-ku. HP yang aku gunakan sekarang adalah Nokia E51 dengan kamera (karena E51 ini juga punya fersi yang tanpa kamera). Kalo liat dari tahun pembuatan dan peredaranyanya dipasaran Indonesia, HP ini memang bisa dibilang langka (jumlahnya sedikit). Bahkan sangking langkanya, waktu bilang versi E51 sama temen, dia malah ngotot bilang gini, “Kamu salah mungkin... aku gak pernah denger E51, kalo ada mungkin E61!”. Aku bales aja, “Terus ini apa?” *sambil nunjukin HP aku, “Nih, liat tulisan versi dipojok kanan layar HP ini”. Si temenku bengong sejenah... “Suwer aku baru liat sekarang!” *masih ngotot gak mau ngakuin!. Ya sudah lah ya... J Pokoknya gitu deh ceritanya. Tapi jangan salah.... HP E51 ini, fiturnya “Gila abis!”, kamera 2.0 pixel, udah support wifi (jadi bisa OL gratis pake hotspot), dan yang paling tahan banting dan anti gores (maklum, chasingnya dari stainless steel) kuat dan anti karat. Hohoho... J

Nih foto-foto yang aku bikin dengan fitur print screen dari HP aku :

1.      Tampilan layar desktop HP aku. *numpang narsis dikit dengan gambar wallpapernya! ;p

 


2.      Explorer ( Penjelajah) – Fitur ini yang bisa bikin HP dibilang smart phone. Soalnya dengan Explorer,  kita bisa menjelajahi setiap sudut folder dalam memory HP atau memory externalnya. Dengan fitur ini kita juga bisa dengan lebih mudah mencari letak direktori, file yang kita cari dalam memory HP / memory eksternal. Kalo di HP-ku, karena explorer ini aku anggap penting banget, jadi aku set sebagai soft key sebelah kiri HP-ku. Tuh liat aja di wall desktop, pojok bawah kiri gambar pertama. J

               


Selanjutnya.......... 





3.      Screen shot – Fitur untuk menjiplak tampilan HP yang lagi kita liat. Nah, dengan fitur inilah aku bikin gambar-gambar yang aku sisipin dalam tulisan ini.

                     

4.       Notes – Fitur untuk bikin catatan-catatan kecil. Meskipun kayanya gak “Wah banget!”, tap buat aku ini adalah fitur yang OKE banget! Maklum aku orangnya pelupa, kalo gak ada fitur notes ini aku bisa “gilaaaaaa.....”. Selain itu ini juga sangat membantu buat aku yang suka nulis ini. Bagi penulis sendiri, kemana-mana bawa polpen sama buku, itu gak asik banget, “sumpah ribet!”. Selama ada HP, bisa bikin tulisan dimana aja, di lapangan, kampus, rumah temen, dalem mobil, diatas kasur, sampe dalam toilet waktu lagi boker juga bisa! *hahaha...buka aib. J Jadi sebagian tulisan-tulisan aku itu, konsepnya aku bikin pake notes ini (pake HP), terus dikembangkan lagi dikomputer. Soalnya, formatnya (.txt) jadi bisa dibaca oleh OS dalam komputer. Asikkan! J

            


5.      Wifi – Fitur pendukung buat internetan gratis, dengan menggunakan sinyal Hotspot.

              


6.      Advanced device lck pro – Fitur untuk mengunci atau menonaktifkan fitur-fitur yang lain, sesuai keinginan si pengguna. Buat kamu yang tipe orang gak suka privasinya diganggu, kamu harus coba fitur ini. Karena dengan fitur ini, gak akan ada yang bisa buka firur/aplikasi apa aja yang kamu blokir. Misalnya : gallery, media player, web, pokoknya semuanya deh! J

                


7.       Multi tasking – Bisa membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Ini hal yang paling aku suka dari Symbian! J Jadi kita bisa OL facebook, nyetel lagu dan dan buka aplikasi lainnya dalam waktu yang bersamaan “Mantap...!”. Tapi ngomong-ngomong, gambar android itu cuma wallpaper HP aku aja. Hehe... :p
*Untuk melihat apasaja aplikasi yang sedang kita buka seperti tampilan dibawah ini, caranya tekan dan tahan tombol home agak lama.

                


8.      Lock screen – Menutup layar desktop HP, saat tombol HP dikunci atau dinon-aktifkan. Fitur ini biasanya ada di IPhone atau android. Asikan...jadi gak ngiri dan kalah gaul! Hahay... J

Screenshot0133a.jpg               Screenshot0065.jpg


9.      Kamus Bahasa Inggris – Pasti udah tau donk fungsinya! ^_^
Kalo gak ada ini…huft…”susah!”, apalagi kalo lagi nonton film dengan subtitle inggris. Jadi kalo ada ini, aku gak perlu repot ngari dan buka halamannya yang beratus-ratus itu... Hehe. J

Screenshot0146.jpg              Screenshot0085.jpg


10.  Office suite & Quick office – Fungsinya buat buka semua file Microsoft Office (word, excel, power point). Hebat kan! Jadi HP aku udah kaya laptop ukuran mini, bisa dibawa kemana aja dan mudah diselipin. Tau maksud sebenarnya? (ini sangat berguna saat ujian!  *jangan bilang sama dosen aku yah! Hehehe...)
Perbedaan office suite dan quick office adalah kalo office suite ini bukan aplikasi bawaan nokia (untuk menggunakannya, kita harus menginstallnya terlebih dahulu), sedangkan quick office memang aplikasi resmi nokia (jadi gak perlu nginstall lagi).

Screenshot0144.jpg              Screenshot0094.jpg


11.  Adobe reader – Fitur untuk membuka file dengan format “.PDF” di HP. Nah, ini hampir sama dengan program office tadi, cuma bedanya, kalo ini buat buka file PDF, yang gak bisa dibuka dalam program office (karna formatnya emang beda, meskipun fungsinya hampir sama kaya aplikasi word).

Screenshot0133.jpg            Screenshot0088.jpg


12.  SMS conversation – Fitur ini membuat sms-an layaknya messanger-an. Asik banget, beda dari smsan biasanya. Bisa ditambahin foto, lagi. Hehe...

Screenshot0132.jpg             Screenshot0072.jpg


13.  Google map – Fitur penjelajah denah bumi (peta) menggunakan HP. Beh, oke banget dah lok HP kamu punya ini, soalnya ini bakal sangat membantu banget saat kita dalam perjalanan keluar kota, apalagi ke kota yang sama sekali belum pernah kita kunjungi. Fitur ini layaknya google earth kalo di komputer. Aku udah pake ini buat ke Bali dan Jember (kota yang aku sama sekali gak ngerti), dan menggunakan ini aku jadi tau jalur yang menuju kebenaran tujuan.

Screenshot0147.jpg             Screenshot0083.jpg


14.  Photobook – Fitur pembuka file gambar. Bosen dengan tampilan yang monoton dari fitur galery di nokia? Pake ini aja! Dijamin lebih menghibur. Soalnya efeknya lebih asik dan warnanya lebih cerah daripada tampilan galery bawaan asli nokia.
*Nah loh! Foto cewek cantik ini siapa? Aku no komen deh! Hahahaha...

Screenshot0149.jpg            Screenshot0108.jpg


15.  TTPOD – Fitur pemutar musik. Emang sih... di nokia sendiri udah ada fitur music player, tapi masih kurang seru dan efeknya minim banget. Nah, dengan player ini, HP aku jadi lebih seru! Tampilannya aja udah seru abis, skinnya bisa diganti sesuai yang kita mau, apalagi wallpapernya - pake foto sendiri juga bisa, kaya gambar dibawah ini, itu foto aku. J  Oia, kelebihan lainya, dengan player ini, aku juga bisa lirik lagu yang lagi puter! “Mantaf!”

Screenshot0145.jpg             Screenshot0082.jpg


16.  Copy-paste – Fitur salin dan tampilkan. Yah, sejenis penjiplakan gitu deh. Udah tau fitur ini di komputer kan? Yup, ini juga bisa diaplikasikan di HP Symbian.
*Caranya:
Memblok tulisan – tekan dan tahan tombol “#” lalu tekan arah tulisan yang ingin kita blok.
Mengcopy tulisan – setelah memblok tulisan seperti perintah diatas, tekan dan tahan tombol “#” sampai muncul tulisan “copy” lalu tekan soft key yang dibawah tulisan tersebut (biasanya soft key kiri HP).
Mengcopy tulisan – setelah memblok tulisan seperti perintah diatas, tekan dan tahan tombol “#” sampai muncul tulisan “paste” lalu tekan soft key yang dibawah tulisan tersebut (biasanya soft key kanan HP).
 
Screenshot0118.jpg             Screenshot0120.jpg


17.  Gmail mobile – Fitur pembuka kotak email tanpa harus buka browser (web atau opera mobile, dll). Ya...ya...dengan ini aku bisa memantau kotak email aku kapan dan dimana pun aku mau (selama ada pulsa J).  Enaknya, dengan ini aku gak perlu repot buka browser dan login gmail terlebih dahulu, jadi lebih hemat pulsa.
*Catatan : ini hanya bisa dipergunakan untuk membuka email google, jadi yang ingin menggunakannya, harus membuat email dari google terlebih dahulu. J

Screenshot0130.jpg             Screenshot0129.jpg


18.  You tube mobile – Fitur pembuka situs you tube lewat HP, tanpa harus buka browser (web atau opera mobile, dll). Liat video bisa lebih asik tanpa harus bawa notebook kemana-mana, cukup ada sinya hotspot, aku bisa liat you tube dengan gratis! J

Screenshot0127.jpg             Screenshot0128.jpg


19.  Light me – Senter untuk HP. Mati lampu? Siapa takut? J Emang sih...tanpa fitur ini, kita bisa langsung menggunakan layar HP buat nerangin dalam kegelapan, tapi dengan fitur ini, HP aku punya kelebihan. Yaitu layarnya gak akan berhenti bersinar, sebelum aplikasinya dimatikan, jadi gak usah bolak-balik pencet tombol kalo layar HP-nya mati. Dan lagi, kalo pake aplikasi ini, layar bisa full berwarna putih, jadi penyinarannya lebih optimal dan terang! J Masih belum selese....aplikasi ini juga bisa jadi penanda SOS (bahaya-meminta pertolongan). Caranya cukup tekan beberapa angka 1 sampai #, tiap tombol punya fungsi masing. Lucunya, warna layar kadang bisa berubah warna-warni, dan malah aku buat ajeb-ajeb dikala mati lampu... (serasa dilantai disco! J) hahaha.

Screenshot0076.jpg            Screenshot0116.jpg


20.  Joikuspot – Fitur yang membuat HP sebagai pemancar sinyal hotspot. Gila! Waktu baru tau fitur ini, aku semakin yakin kali ini adalah HP tergila yang pernah aku punya! HP mana yang bisa memancarkan sinya hotspot? Blackberry? Huh, lewat....! J
*Okenya fitur ini, aku bisa pake HP pemancar hotspot, trus hidupin laptop aku, dan... hotspotan deh pake laptop! Jadi kalo bosen liat layar HP yang mini, aku pake laptop aja. Jadi tampilannya bisa puas. Hehe... J (tapi masih tetep pake fitur gila E51).


Sebenernya masih banyak fitur-fitur gila lainnya, tapi aku aku gak bisa jelasin lebih banyak lagi. Ini aja tangan udah pegel banget ngetik-ngetik keyboard. Hehehe... J Tapi udah kebayangkan gilanya E51. HP ukuran mini, tapi aplikasi maksi! Dengan adanya fitur-fitur ini, aku jadi gak gentar dengan kehebatan-kehebatan Iphone, Blackberry, dan Android. Uniknya E51 ini, tombolnya masih mini bar. Tombol layaknya HP kuno. Tapi jangan salah, justru itu kelebihannya mini bar! J Sekarang cari aja HP mana yang udah support wifi tapi tombolnya masih minibar? Kalo ada, nyarinya pasti lebih susah dari pada E51. Hehehe... Dan masih ada satu lagi hal yang bisa aku unggulkan dari E51. Apa itu? Aku bisa ngoperasiin HP dan ngetik SMS/tulisan, tanpa liat layar HP! J Nah loh? Siapa yang bisa lakuin itu pake tombol qwerty apalagi touch screen? Ooooh...., betapa aku udah tergila-gila sama E51-ku.

Menutup postingan ini, ada satu hal yang pengen aku tekankan. Aku emang sengaja gak membandingin secara global dan lebih terperinci masing-masing aplikasi yang ada di HP aku dengan fitur Iphone, Blackberry, dan Android (memberikan tampikan gambar). Soalnya, secara gak langsung, dalam postingan HP ini, ada sebuah pelajaran hidup yang aku sampaikan buat teman-teman semua. Yaitu “mencari kelebihan milik sendiri, jauh lebih baik, dari pada mencari kelemahan milik sendiri dan membandingkannya dengan kelebihan milik orang lain”. Yang secara enggak langsung itu adalah prinsip hidup aku, yang mungkin secera sederhana bisa dibilang “mensyukuri apa yang kita punya, dan tidak iri dengan apa yang dimiliki oleh orang lain”. Ya, ini bukan masalah apapun merek HP kamu atau harga barang-barang kamu yang kamu miliki lainnya, tetapi bagaimana kamu menilai manfaatnya dan menaikan fungsinya - termasuk menimbulkan perasaan makin cinta kamu dengan hal yang telah kamu miliki tersebut (secara harafiah aku mau bilang, itulah cara kamu menilai orang-orang tercinta yang berada disekitar kamu). “Jangan cari kelemahan mereka, dan temukanlah kelebihan mereka sehingga kamu akan semakin mencintai mereka”.  J

Demikian postingan dengan makna terselubung ini selesai aku tulis, buat semua yang udah baca, aku ucapin terima kasih dan terpkanlah pelajaran ini dalam kehidupan kamu. J

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. aku bertahan dengan nokia 3210.. hahahahhhahahhaa. lebih jadul lagi dah.. :D ga pake OS.. :D

    ReplyDelete

Sebelum komentar, klik "Notify Me" untuk mengetahui komentar anda telah dibalas oleh saya atau pembaca blog saya.